Presiden Buka Raimuna Nasional XI-2017 di Cibubur

Berita, Nasional 0
Raimuna Nasional XI

Raimuna Nasional XI (Foto: Istimewa)

Cikancah-Cyber – Presiden RI Joko Widodo menghadiri Raimuna Nasional XI-2017 yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jawa Barat. Tepat pukul 08.00 WIB Senin, 14/8/2017, upacara pembukaan pun di mulai dengan prosesi adat Bhineka Tunggal Ika.

Dalam sambutannya, Presiden berpesan kepada para pramuka untuk meninggalkan pendekatan lama yang sudah tidak sesuai dengan masa kini. Generasi pramuka sekarang ini adalah generasi milenial, generasi Y yang cara berpikirnya berbeda dengan generasi sebelumnya. Generasi ini adalah generasi yang adaptif dengan kemajuan teknologi, generasi yang kreatif dan inovatif.

Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo berpesan agar pramuka dapat melakukan terobosan-terobosan dan tidak berpikir linier. Selain itu juga, dengan kondisi saat ini yang serba dinamis, Pramuka jangan terbuai oleh keadaan yang berpotensi untuk menurunkan produktivitas.

Saat ini, kita harus mendidik adik-adik pramuka tidak hanya untuk latihan baris berbaris, membangun tenda atau membuat simpul tali saja, tetapi juga adik-adik pramuka harus bisa berdisiplin dalam menggunakan media sosial yang positif dan produktif. Gerakan Pramuka harus bisa memakai cara-cara yang kreatif, cara-cara kekinian dan cara-cara yang berbeda.

Selepas sambutan utama, Presiden Joko Widodo selanjutnya melakukan penandatanganan Sampul Peringatan RAIMUNA NASIONAL XI-2017 didampingi Ketua Kwarnas Pramuka Adhyaksa Dault, Menkominfo Rudiantara dan Menpora Imam Nahrawi.

Desain Sampul Peringatan Raimuna Nasional XI Tahun 2017 menggambarkan tentang maskot Raimuna Nasional XI Tahun 2017 yaitu Badak Bercula Satu yang bernama “Ino”. Maskot ini memiliki arti hewan yang dilindungi yang artinya acara ini mengajak Pramuka untuk peduli pada isu lingkungan.

Pada Sampul Peringatan Raimuna Nasional XI-2017 dibubuhkan prangko dalam bentuk prangko prisma bergambarkan logo Raimuna Nasional XI Tahun 2017. Logo menggambarkan siluet Garuda yang artinya bahwa peserta Raimuna Nasional XI haruslah Pramuka Garuda.

Dua sayap Garuda mengambarkan Raimuna Nasional ini merupakan Raimuna ke-11 dengan warna ungu yang menggambarkan kesejukan. Kepala Garuda yang menghadap sebelah kanan artinya generasi muda menatap masa depan, sesuai dengan tema Raimuna Nasional yaitu “Pramuka Menatap Masa Depan”.

Sumber : Kementerian Komunikasi dan Informatika

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply