Tidak Ada Masalah dengan Lirik Lagu Tepuk Anak Soleh

Berita, Pendidikan 0
Mendikbud Muhadjir Effendy

Mendikbud Muhadjir Effendy

Cikancah-Cyber – Lirik lagu Tepuk Anak Soleh tengah ramai diperbincangkan di jagat maya. Alasannya, lagu tersebut dinilai mengajarkan anak untuk intoleran. Sebab, diakhir liriknya berbunyi Islam “yes, kafir no“.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, lagu itu tidak ada permasalahan dengan liriknya.

“Kalo untuk dirinya sendiri bener kan, memang bener untuk dirinya sendiri, kan dia bilang dirinya sendiri tidak boleh kafir,” ungkap Mendikbud di Kantor Kemendikbud, Jakarta Pusat, Kamis 3/8/2017.

Menurut Mendikbud, yang menjadi masalah apabila anak-anak kemudian menunjuk dan menyebut orang sebagai kafir. Sehingga, ia beranggapan harus ada pemahaman dari guru atas lirik tersebut.

“Yang penting (kafir) tidak dialamatkan pada orang lain untuk meyakinkan diri saya harus Islam dan tak boleh kafir, masak tak boleh,” jelasnya.

Diketahui kejadian ini bermula dari bait akhir lagu Tepuk Anak Soleh yang biasa dinyanyikan anak prasekolah dan Taman Kanak-Kanak (TK) di Banyumas, Jawa Tengah memicu polemik di masyarakat.

Lirik lagu yang dinyanyikan sebagai berikut :

Aku prok prok prok Anak Sholeh prok 3x

Rajin ngaji prok 3x

Rajin Sholat prok 3x

Orangtua dihormati Prok 3x

Cinta Islam prok 3x Sampai Mati

Lailaahaillallah, muhammadu rosululloh

Islam Islam yes

Kafir kafir No.

Berikut videonya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply