Hari Ini, Keraton Yogyakarta Gelar Upacara Grebeg Besar

Berita, Nasional 0
Tradisi Grebek Besar Keraton Yogyakarta

Tradisi Grebek Besar Keraton Yogyakarta (Foto: Screenshot Video)

Cikancah-Cyber – Sabtu 2/9/2017, hari ini Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar tradisi ‘Grebeg Besar’. Grebeg Besar ini untuk merayakan momentum hari raya Idul Adha 1438 Hijriah.

Prosesi ritual Grebeg Besar ini diawali dengan keluarnya iring-iringan pasukan prajurit Keraton Ngayogyakarta yang terdiri atas prajurit Wirobrojo, Ketanggung, Bugis, Daeng, Patangpuluh, Nyutro yang dikomandani oleh manggala yudha GBPH Yudhaningrat.

Warga dan wisatawan sudah menunggu keluarnya gunungan Grebeg Besar sejak pagi, Sabtu (2/9/2017) di Pagelaran Keraton dan halaman masjid Gede Kauman. Dijadwalkan acara dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Pada Grebeg Besar ini Keraton Yogyakarta mengeluarkan sebanyak 7 (tujuh) gunungan atau pareden. Yaitu terdiri atas gunungan kakung, puteri, gepak, darat, dan pawuhan. Lima di antaranya diarak ke Masjid Gedhe Kauman, sedangkan dua gunungan menuju Kepatihan dan Puro Pakualaman.

Saat tiba di Halaman Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, lima gunungan berisi hasil bumi langsung diserbu ratusan warga yang terdiri atas wisatawan maupun warga dari berbagai daerah. Mereka berebut hasil bumi tesebut, karena beranggapan dapat mendatangkan berkah dan kesejahteraan.

Acara adat yang digelar setiap tahun itu juga bertujuan sebagai simbolisasi kemakmuran Daerah Istimewa Yogyakarta. Menurut masyarakat Yogyakarta, hasil bumi isi gunungan Grebeg Gede itu amat penting karena dianggap memiliki manfaat menghindarkan keluarganya dari berbagai musibah.

Tradisi Grebek Besar Kraton Yogyakara

Tradisi Grebek Besar

Grebek Besar

Grebek Besar

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply