I Wayan Budiana Dari Bali Meraih Juara Pertama Lomba TTG Nasional XIX 2017

Berita, Nasional 0
I Wayan Budiana Dari Bali Meraih Juara Pertama Lomba TTG Nasional XIX 2017

I Wayan Budiana Dari Bali Meraih Juara Pertama Lomba TTG Nasional XIX 2017 (Kanan)/Dok.kemendesa

Cikancah-Cyber – Pemerintah menggelar Pameran dan Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XIX di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah Gelar TTG Nasional XIX bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan yang berlangsung pada 25-30 September 2017 ini digelar di dua lokasi.

Pameran pada tanggal 25-27 September berlangsung di Lapangan Kayu Bura, Parigi Moutong. Sementara 26-30 September berlangsung di Sirkuit Panggona, Kota Palu. Selain pameran TTG, kegiatan juga diisi dengan lokakarya, Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Widyawisata Teknologi ke Desa Bora, Kabupaten Sigi. Untuk kategori Inovasi Teknologi Tepat Guna, I Wayan Budiana dari Bali meraih juara pertama dengan temuannya Pompa Kincir Air tanpa listrik. Sementara untuk kategori Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Berprestasi 201, Posyantek Ciptomulyo dari Rembang, Jawa Tengah berhasil meraih penghargaan tersebut.

“TTG merupakan salah satu cara atau pendekatan yang ampuh dalam upaya mendorong percepatan mewujudkan kemandirian masyarakat desa. Kita berharap sentuhan TTG mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di pedesaan,” ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, dalam sambutannya pada Pembukaan Gelar TTG Nasional XIX, di Kayu Bura, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Selain I Wayan Budiana, para pemenang lain untuk kategori Inovasi TTG  adalah :Juara II Suryanto (Lampung Utara) dengan inovasi alat tanam multi biji; Juara III Ahmad Ari Saputra (Kota Tanjung Pinang) dengan inovasi alat kompresor senyap; Juara Harapan I Gunawan Efendi (Serang) dengan inovasi Gasifikasi Retort; Juara Harapan II Nur Wiswari (Kota Langsa) dengan inovasi alat pemuatan TBS; Juara Harapan III Supriyadi (Kota Tarakan) dengan inovasi alat mini chainshaw.

Sementara untuk pemenang Lomba Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Berprestasi Tahun 2017 diraih oleh Posyantek Wiraguna (Bengkalis) sebagai Juara II; Juara III Posyantek Kemayoran (Jakarta Pusat); Juara Harapan I Posyantek Permata (Batanghari); Juara Harapan II Posyantek Lubuk Besar (Bangka Tengah); Juara Harapan III Posyantek Lentora (Sigi).

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply