Inilah Penyebab Jomblo dan Tips Jitu Biar Gak Lagi Jomblo!

Apa itu jomblo?

Jangan sedih bila masih jomblo ya ­čśÇ
Inilah Penyebab Jomblo dan Tips Jitu Biar Gak Lagi Jomblo!

Ilustrasi By Asep Zefhy

Cikancah-Cyber – Bila didefinisikan berdasarkan pengertian anak muda jaman sekarang, maka jomblo adalah bahasa percakapan yang digunakan untuk┬ámenyebut orang yang belum/tidak memiliki pasangan atau kekasih.

Tentu saja dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tidak bakal ditemukan kata jomblo tersebut, karena memang kalimat itu hanya bahasa gaul saja.

Jika ditelusuri, kata jomblo sebenarnya berasal dari bahasa Sunda yaitu (jomlo) yang memiliki arti negatif dari gadis tua.

Kata ini digunakan untuk menyebut perempuan yang sudah tua namun belum menikah atau memiliki pasangan.

Itulah sedikit sejarah dari kata jomblo.

Buat kamu yang lagi menyandang status jomblo, setidaknya kamu juga mengetahui sejarahnya ­čśÇ

Ada 9 istilah yang saya tahu tentang jomblo, bisa jadi kamu termasuk salah satunya:

  1. Jomblo sejati
  2. Jomblo sniper
  3. Jomblo error
  4. Jomblo hunter
  5. Jomblo impossible
  6. Jomblo forever
  7. Jomblo eksis
  8. Jomblo semangka
  9. Jomblo PMDK

Untuk arti dari istilah di atas, silahkan kamu cari tahu sendiri ­čśŤ

Sebenarnya predikat jomblo harusnya tidak usah terlalu dipusingkan. Biarkan saja mengalir dan berjalan apa adanya.

Saya sering mendengar keluhan dari beberapa orang jomblo yang bilang bahwa mereka sendiri tidak mengerti mengapa jomblo terus.

Seperti ini kira-kira celotehannya,

” Padahal gue juga punya temen banyak. Tapi ko susah banget sih ninggalin predikat jomblo! Dosa apa gue?!! ”

Tentu saja, jomblo adalah karunia Tuhan. Nikmati saja.

“Nikmati saja kejombloan kamu!”, kata-kata itu yang mungkin sedikit bisa melegakan perasaan saat benar-benar merasa sedih dengan status jomblo.

Buat kamu yang masih jomblo, tenang saja. Banyak para jomblo yang tetap bahagia di luar sana. Status jomblo atau sudah menikah itu bukan sesuatu untuk diperdebatkan.

Nggak ada yang lebih unggul dari yang lainnya.

Santai saja ..

Namun jika disatuin, menjadi jomblo ternyata ada penyebabnya. Mungkin bisa menjadi renungan jika kamu sudah mengetahuinya.

Inilah Penyebab Jomblo dan Tips Jitu Biar Gak Lagi Jomblo!

Sumber Gambar : www.google.co.id

6 Penyebab Umum Mengapa Masih Jomblo

  1. Belum memikirkan untuk punya pasangan

Bisa saja kalau ternyata kejombloan kamu disebabkan karena hal yang kamu buat sendiri.

Belum memikirkan untuk mempunyai pasangan tentu saja menjadi salah satu penyebab kamu tetap menjomblo.

Itu berarti salah kamu sendiri,

Jika ingin ada perubahan tentang status kamu, coba rubah cara berpikir kamu. Mempunyai pasangan tentunya bukan hal yang menyalahi.

Bahkan ada orang yang bilang bahwa dengan mempunyai pasangan, bikin hidup berasa lebih hidup!

Mantap ..

  1. Sibuk dengan kegiatan/pekerjaan atau karir

Hal ini yang paling sering terjadi dalam kehidupan. Terlalu fokus dengan kegiatan dan pekerjaan sehingga mengesampingkan hal lain termasuk mengenai pasangan.

Karir memang penting untuk bisa kamu raih, namun mempunyai teman dan pasangan juga tidak kalah pentingnya dalam hidup.

Dengan mempunyai pasangan tentu saja akan menambah semangat kamu dalam meraih cita-cita kamu. Luangkan waktu kamu mulai sekarang untuk segera memikirkan mencari pasangan, dan take action!

  1. Kurang pergaulan dan menutup diri

Membatasi diri dalam pergaulan tentu saja merupakan hal yang baik kamu lakukan. Namun jika saja kamu terlalu menutup diri untuk tidak bergaul, itu adalah kesalahan terbesar dalam hidup kamu.

Menjadi jomblo memang merupakan pilihan, dan itu bukan sebuah takdir.

Kamu dapat segera merubahnya mulai sekarang, tinggalkan status jomblo kamu, dan lupakan kalimat yang sering didengar para jomblo ini┬á” Mengapa jomblo? ”

Mempunyai teman bergaul (teman baik) adalah hal yang banyak memberi manfaat.

Lingkup pergaulan dengan orang yang itu-itu saja membuat kamu tidak akan pernah berkembang, termasuk dalam urusan cinta.

Kamu tidak punya banyak pilihan untuk bertemu dengan orang-orang bahkan dengan calon-calon kekasih.

  1. Terlalu selektif

Apa kamu termasuk orang yang terlalu selektif dalam memilih calon kekasih?

Jika benar, maka kamu harus segera memperbaikinya.

Jangan pernah berpikiran untuk mencari pasangan yang sempurna, itu mustahil kamu dapatkan.

Berusaha untuk saling menutupi dan menerima kelebihan serta kekurangan dari orang lain itu jauh lebih baik.

Dalam menemukan calon pasanganpun seharusnya jangan pernah mencari sosok yang sempurna, tapi lebih ke bagaimana mendapatkan kekasih yang bisa saling berbagi dan memahami satu sama lainnya.

Bila status jomblo kamu disebabkan kamu terlalu selektif dalam memilih pasangan, segera lupakan hal itu dan mulailah membuka diri untuk orang-orang disekitar kamu.

  1. Kurang percaya diri

Rasa kurang percaya diri ternyata dapat mengakibatkan seseorang mendapatkan predikat jomblo.

Jika hal ini terjadi dengan kamu, inilah saat yang tepat untuk memulai belajar bagaimana memupuk rasa percaya diri kamu dengan melakukan banyak kegiatan bersama teman atau siapapun.

Coba lakukan kegiatan-kegiatan sosial yang dapat memicu kamu dalam bergaul sehingga terjalin komunikasi yang baik antara kamu dengan orang lain.

Siapa tahu, seorang calon pasangan kamu ada di depan kamu, dan pada akhirnya status jomblo kamu dapat kamu lepaskan.

Selamat berjuang.

  1. Trauma masa lalu

Ini yang mengerikan.

Trauma masa lalu sering kali menjadikan seseorang lemah dan terlalu ketakutan.

Ini masalah hati, memang sangat sulit untuk dirubah atau disembuhkan. Namun, jika saja kamu mau membuka mata dan beranggapan bahwa hidup ini bukan untuk disesali, setidaknya kamu telah melakukan satu perubahan besar dalam hidup.

Masa lalu adalah bagian dari hidup kamu, dan semua manusia tentu punya masa lalu. Trauma masa lalu tidak saja sekedar merusak diri kamu, bahkan kehidupan cinta kamu terancam hancur.

Saat kamu sekarang menjadi jomblo karena ada trauma masa lalu, segeralah rubah persepsi dalam pikiran kamu.

Lupakan mantan pacar sekaligus masa lalu kamu mulai sekarang!

Mulailah dengan cinta baru. Cinta yang akan merubah hidup kamu menjadi lebih berwarna dan bahagia.

Nah jika kamu ada pada salah satunya di atas maka kamu bisa segera memperbaikinya.

Ada banyak orang yang bingung saat ingin mengetahui status seseorang, jomblo atau bukan?

Susah juga sih membedakan mana-mana saja orang yang lagi jomblo atau punya pasangan. Tidak mungkin juga kan ditanyain langsung ke mereka, hehe ..

Namun ternyata satu teman saya bilang, bahwa ada cara mudah mengenali ciri-ciri pria atau wanita yang sedang menyandang status jomblo.

Saya ingin membagikannya untuk kamu.

Jika iya, lanjutkan membaca artikel ini. Namun jika merasa tidak perlu, silahkan abaikan saja.

Ciri-ciri Pria atau Wanita Jomblo

  1. Kontak mata

Pria atau wanita jomblo terlihat dari kontak matanya yang terkesan lincah. Ketika berada di satu ruangan, pria dan wanita jomblo senantiasa membagikan pandangannya ke seluruh ruangan.

Sepertinya asik memperhatikan se-isi ruangan sibuk mencari-cari sesuatu.

Bisa jadi, pria dan wanita seperti itu tengah mencari calon pasangannya atau orang-orang dengan tipe yang disukainya. Kamu mungkin bisa mendekati saat itu juga.

Sebab, orang yang sudah punya pasangan tak mau repot-repot melihat seluruh orang dalam ruangan.

  1. Mengumbar senyum

Jika saja setelah kontak mata dengan kamu lalu si Dia melemparkan senyum lembut dan terus memberikan respon baiknya dengan senyum dibibirnya yang┬átulus, bisa dipastikan kalau ternyata si Dia lagi jomblo. ­čśÇ

  1. Sering berbicara dengan lawan jenis

Ketika mungkin kamu melihat dari kejauhan si Dia berbicara dengan banyak orang yang berlainan jenis, ini bisa berarti jika Dia memberi isyarat terbuka untuk sebuah percakapan.

Karena itu maka besar kemungkinan kalau ternyata si Dia memang lagi mencari seseorang untuk di jadikan pasangan atau kekasih.

Sepertinya si Dia memang lagi jomblo nih ..

  1. Terlihat sedih

Jika kamu mengamatinya dari kejauhan dan melihat dirinya nampak sedih ketika melihat pasangan lain, bisa berarti dia sedang merindukan hari-harinya dalam sebuah hubungan.

Mendapatkan pasangan menjadi impiannya yang ingin segera diwujudkan.

Coba deh kamu deketin, bisa jadi si Dia memang jomblo.

  1. Sering Jalan dengan teman atau keluarga

Tentu saja pria atau wanita yang sudah mempunyai kekasih akan lebih memberikan banyak waktunya untuk berjalan atau sekedar keluar rumah bersama pasangan kekasihnya. Mereka cenderung sering pergi bersama.

Namun saat kamu perhatikan ternyata si Dia sering keluar malah bersama teman atau bersama keluarganya, sudah pasti Dia jomblo.

Setelah kamu mengetahui penyebab dan ciri-ciri jomblo, maka inilah tips supaya kamu tidak menjomblo lagi.

Perhatikan baik-baik.

Berhenti jadi Jomblo

Seperti dijelaskan di awal tadi bahwa sebenarnya menjadi jomblo itu banyak tidak enaknya. Benarkah ?

Yang sering terjadi adalah, ketika kamu melihat banyak pasangan kekasih lewat di depan mata kamu, bohong saja jika hati tidak merasa iri, hayooo ngaku ­čśÇ

Bahkan kamu tidak segan-segan mengutuk dunia dan meratapi nasib kamu, mengapa jomblo. Hiks ..

Lebih parah lagi jika kamu merasa bahwa Tuhan tidak memperlakukan adil terhadap kamu.

Namun dibalik itu semua, tentu ada alasan logis mengapa sampai saat ini kamu masih sendiri dan tentu ada yang salah di dalam sikapmu selama ini.

Mulai sekarang lupakan semua, awali sejak saat ini untuk siap menata kehidupan baru kamu agar lebih bahagia ke depannya. Lupakan jomblo dan segera akhiri masa jomblo kamu !

Inilah Penyebab Jomblo dan Tips Jitu Biar Gak Lagi Jomblo!

Sumber Gambar : www.google.co.id

Tips Jitu Biar Gak Lagi Jomblo!

 

  1. Yakinkan hati

Ketika kamu mulai berpikir untuk mengakhiri masa jomblo kamu, coba tenangkan hati dan pikiran, yakinkan dalam hati dan berjanji untuk mulai bergerak mencari sosok pasangan yang kamu idam-idamkan.

Bisikan selalu, bahwa kamu bisa!

Jika serius, bagi kamu pria jomblo coba deh baca artikel ini : cara menaklukan hati wanita

  1. Tingkatkan kualitas diri dan kreatifitas

Maksudnya begini,

Saat hati kamu mulai yakin dengan keinginan kamu untuk meninggalkan predikat jomblo kamu, maka tugas ke dua kamu adalah meningkatkan kualitas diri dan kreatifitas kamu terlebih dahulu.

Ingat, seseorang yang memiliki kualitas tentu akan diminati oleh banyak orang. Dengan demikian, maka kamu akan lebih mudah untuk menarik perhatian lawan jenis.

Kualitas diri dan kreatifitas yang saya maksud adalah,

  • Lebih berperilaku baik
  • Percaya diri
  • Mempunyai pekerjaan atau kegiatan yang┬ábermanfaat.
  • Lebih peduli terhadap lingkungan dan punya jiwa sosial
  • dan lainnya.
  1. Sayangi diri

Banyak orang lebih peduli dan memperhatikan orang lain ketimbang dirinya sendiri. Itupun tidak benar adanya.

Seorang jomblo biasanya tidak terlalu peduli atas dirinya sendiri, hal ini terjadi karena merasa tidak ada kepentingan apapun untuk melakukan perbaikan arau sekedar dandan sekalipun.

Mereka selalu berpikir bahwa hidup terlalu membosankan. Hal itulah yang membuat mereka terkesan tidak menyayangi dirinya sendiri.

Rubah mulai dari sikap, penampilan, kebiasaan jelek dan cobalah mulai mempercantik diri agar kamu terasa lebih fresh dan tampil menarik.

  1. Kehidupan Baru

Kehidupan baru maksudnya adalah, sesuatu dengan lingkungan yang baru dimana kamu biasa bergaul. Jika selama ini kamu hanya bergaul dengan orang-orang yang sama, maka sudah sangat jelas mengapa kamu menjadi seorang jomblo.

Faktanya, kamu adalah orang yang kekurangan bahkan tidak memiliki pilihan sama sekali. Jika kamu ingin mengakhiri riwayat jomblo kamu, maka mulailah berinteraksi dengan banyak orang dan temukan tempat-tempat yang baru untuk beraktivitas.

Biasanya, di tempat baru akan lebih terasa hangat dengan suasananya. Lakukan komunikasi yang baik, dan jalin persahabatan dengan teman baru kamu dimulai dari tempat ngumpul, base camp atau ikuti kegiatan-kegiatan sosial mereka agar lebih bermakna.

Media sosial juga bisa menjadi ajang komunikasi yang baik supaya lebih berkesan dan intens.

Kini saatnya bagi kamu untuk mengakhiri kesendirianmu dengan mulai menerapkan tips berhenti jadi jomblo di atas.

Awali setiap langkah kamu dengan keyakinan kamu agar menjadi orang yang lebih bahagia dan yang pasti, hidup lebih baik dengan seorang kekasih.

Sebarkan informasi ini pada teman-teman lainnya sesama jomblo. Semoga bermanfaat. (Penulis/Sumber : Asep Jefhy) https://www.facebook.com/ainkbanchet

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply