Jumlah Korban Gempa Bumi di Meksiko Kian Meningkat Menjadi 61 Orang

Berita, Internasional 0
Gempa Bumi 8 SR di Meksiko

Gempa Bumi 8 SR di Meksiko (Foto: wikipedia)

Cikancah-Cyber – Gempa 8 Skala Richter (SR) yang mengguncang Meksiko mengakibatkan jumlah korban tewas kian bertambah. Gempa itu merobohkan sejumlah bangunan, dan memaksa warga untuk dievakuasi.

Gempa pada Kamis (07/09) menjelang tengah malam itu dirasakan oleh sekitar 50 juta warga Meksiko dan jumlah korban jiwa dikhawatirkan mungkin masih akan meningkat.

Dikutip dari BBC, Presiden Enrique Peña Nieto mengatakan, sedikitnya 200 orang cedera dan puluhan lainnya meninggal dunia. Data Pusat Penanganan Bencana Nasional menyebutkan korban meninggal dunia telah mencapai 61 orang.

Bagian selatan kota Juchitan di Oaxaca, merupakan kota yang paling dekat dengan pusat gempa mengalami guncangan keras. Guncangan gempa itu mengakibatkan sejumlah bangunan seperti hotel hingga Balai Kota runtuh.

Berdasakan laporan Badan Survei Geologi Amerika Serikat, USGS, gempa ini berpusat di perairan Pasifik, tepatnya di lokasi yang berjarak 87 kilometer dari kota Pijijiapan, Chiapas. Pusat gempa dilaporkan berada di kedalaman 68 kilometer dari permukaan laut, sebelumnya dilaporkan 33 kilometer.

Menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik gempa ini memicu gelombang tsunami setinggi 0,7 meter. Sebelumnya diperkirakan gelombang tsunami dengan ketinggian lebih dari tiga meter mungkin melanda sejumlah pantai Meksiko.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri RI menyebutkan tidak ada laporan WNI menjadi korban. Berdasarkan catatan Kedutaan Besar Indonesia di Meksiko, jumlah total WNI di Meksiko mencapai 289 orang, 190 di antaranya berada di Mexico City.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply