Komandan Militer Utama AS Yakin Pemimpin ISIS Al-Baghdadi Masih Hidup

Berita, Internasional 0
Abu Bakr al-Baghdadi

Abu Bakr al-Baghdadi (Foto: Istimewa)

Cikancah-Cyber – Komandan Militer Utama Amerika Serikat (AS) menyatakan, pemimpin kelompok negara Islam (ISIS) Abu Bakr al-Baghdadi kemungkinan masih hidup. Pernyataan ini bertentangan dengan klaim Rusia bahwa mereka mungkin telah membunuh target tertinggi operasi kontreteror itu beberapa bulan lalu.

“Apakah saya yakin dia hidup? Ya,” kata Letnan Jenderal Angkatan Darat Stephen Townsend, yang memimpin pasukan koalisi yang memerangi ISIS di Irak dan Suriah, merujuk pada al-Baghdadi.

Menurut Townsend bahwa kepercayaannya berasal dari kurangnya bukti yang dia lihat, rumor atau lainnya, bahwa al-Baghdadi telah tewas. Tapi, dia kemudian menambahkan:

“Ada juga beberapa indikator di jalur intelijen bahwa dia masih hidup,” imbuhnya, tanpa mau merinci pernyataannya.

Townsend mengatakan AS dan pasukan koalisi secara aktif mencari al-Baghdadi. “Jika mereka menemukannya, mereka mungkin akan membunuhnya daripada menangkapnya,” katanya seperti ditulisĀ Associated Press, Sabtu (2/9/2017).

Sebuah tebakan yang bagus tentang di mana al-Baghdadi bersembunyi, Townsend menunjuk lembah Sungai Efrat yang disebut Middle Efrat. Lokasi ini terbentang kira-kira dari kota Deir el-Zour di Suriah timur hingga ke kota Rawa di Irak Barat.

Townsend mengatakan daerah ini membentuk sebuah kelompok terakhir dari kelompok ekstrimis tersebut setelah terusir dari hampir seluruh wilayah Irak utara.

Pejabat Rusia mengatakan pada bulan Juni lalu ada “kemungkinan tinggi” bahwa al-Baghdadi tewas dalam serangan udara Rusia di pinggiran Raqqa, Suriah, sebulan sebelumnya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply