Menguak Siapa Sebenarnya Asma Dewi

Berita, Nasional 0
Asma Dewi

Asma Dewi (Foto: Facebook)

Cikancah-Cyber РJumat, 8/9/2017, Asma Dewi seorang ibu rumah tangga yang juga aktivis aksi bela islam ditangkap Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, di Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan. Ternyata Dewi memiliki dua saudara polisi aktif. Bahkan saat ditangkap, Dewi sedang berada di rumah salah satu kakaknya di Komplek Polri Jalan Ampera Raya A No. 17.

Penangkapan Dewi bermula karena mengunggah konten ujaran kebencian dan penghinaan agama dan ras tertentu. Dari pengembangannya, diketahui Dewi mentransfer uang sebesar Rp 75 juta ke pengurus inti kelompok Saracen.

Perlu dietahui kelompok Saracen tersebut sebelumnya diciduk lantaran menyebarkan ujaran kebencian dan konten berbau SARA di media sosial.

Dari hasil peyidikan dan penyelidikan nama Asma Dewi disebut-sebut merupakan bagian dari Tamasya Al Maidah. Gerakan tersebut aktif saat Pilkada DKI Jakarta pada April 2017 lalu.

Mereka memobilisasi massa dari daerah ke Jakarta untuk mengawal proses pemilihan kepala daerah. Nama Dewi beserta nomor ponselnya juga tercantum dalam pamflet Tamasya Al Maidah yang tersebar di media sosial.

Dilansir dari beberapa sumber, Dewi merupakan salah satu dari tiga orang yang bisa dihubungi berkaitan dengan gerakan tersebut. Saat dikonfirmasi, Ketua Panitia Tamasya Al Maidah Ansufri Idrus Sambo membantah bahwa Dewi merupakan koordinator ataupun panitia Tamasya Al Maidah. Menurut dia, Dewi hanya berperan sebagai relawan.

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto belum diketahui apakah Dewi merupakan bagian dari gerakan tersebut. Pihak Kepolisian masih mendalami seberapa jauh peran Dewi terkait kelompok Saracen. Apakah Dewi sebagai pihak pemesan, sebagai perantara, atau pun anggota kelompok tersebut.

Dalam akun di Facebook Dewi, beberapa postingan yang diunggah menunjukkan konten dukungan terhadap pasangan kepala daerah DKI Jakarta terpilih. Namun, polisi belum dapat menarik benang merah antara dukungan tersebut dengan suntikan dana ke Saracen.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply