Muslim Rohingya Dibantai Besar-besaran

Berita, Internasional 0
Muslim Rohingya

Muslim Rohingya (Foto: Istimewa)

Cikancah-Cyber – Sebuah laporan dari para aktivis menyebutkan pasukan keamanan Myanmar dan para perwira Buddha melakukan pembantaian etnis Muslim Rohingya secara besar-besaran dalam sepekan. Dalam laporan disebutkan, sekitar 130 orang, termasuk wanita dan anak-anak Rohingya dibunuh.

Warga sipil Rohingya jadi korban tindakan keras militer setelah kelompok militan di Rakhine menyerang pos-pos polisi perbatasan yang menewaskan 12 personel polisi pada Kamis malam pekan lalu.

Ribuan warga Muslim Rohingya terpaksa melarikan diri ke Bangladesh. Dalam pelarian, mereka mengungkap bahwa tentara Myanmar membakar rumah-rumah warga dan menembaki setiap objek bergerak, termasuk bayi yang tak bersalah.

Kekerasan terbaru yang terjadi di Rakhine ini, telah mendorong ribuan warga Muslim Rohingya melarikan diri ke Bangladesh untuk menyelamatkan diri.

Menurut laporan, Jumlah etnis Rohingya yang melarikan diri ke Bangladesh terus bertambah dalam sepekan terakhir. Diperkirakan 47.500 dari satu juta Rohingya di Myanmar telah melarikan diri ke Bangladesh dalam sepekan terakhir.

PBB merilis angka terbaru menunjukkan 27.500 Rohingya berhasil melewati perbatasan sejak Jumat pekan lalu, meningkat hampir 10.000 pada angka hari sebelumnya. 20.000 lainnya diperkirakan terjebak tanpa pengakuan di antara kedua negara, karena pertempuran antara pasukan keamanan Myanmar dan kelompok militan Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA) terus berlanjut seperti dikutip dari The National.ae, Jumat (1/9/17).

Pembantaian massal seperti dilaporkan ABC Jumat (1/9/2017) dengan mengutip dua sumber terpisah, terjadi di Desa Chut Pyin, dekat Kota Rathedaung, Myanmar Barat.

”Sejauh ini laporan menurut saya cukup kredibel menyebutkan sekitar 130 orang termasuk wanita dan anak-anak terbunuh,” kata Chris Lewa, Direktur The Arakan Project, lembaga kemanusiaan yang bekerja dengan komunitas Rohingya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply