Resmi, China Blokir WhatsApp Karena Dianggap Berbahaya

Berita, Internasional, Teknologi 0
Whatsapp

Whatsapp diblokir pemerintah China (Foto:Pixabay)

Cikancah-Cyber – Akhirnya, Pemerintah China benar-benar memblokir aplikasi berbalas pesan dan gambar, Whatsapp. Sebagaimana diketahui Whatsapp merupakan aplikasi di bawah naungan Facebook. Facebook kini sama sekali tak punya taring di daratan China, sebab Whatsapp adalah aplikasi terakhir perusahaan asal Amerika Serikat itu di sana.

Pemerintah China sebenarnya sudah berupaya memblokir Whatsapp pada pertengahan 2017 lalu. Ketika itu, para pengguna Whatsapp mendadak kesulitan dalam mengirim foto dan video lewat layanan tersebut, tapi pesan berupa teks masih bisa terkirim.

Untuk diketahui tahun 2009 yang lalu, pemerintah China sudah memblokir Facebook, begitu pula dengan Instagram juga tak diberi tempat oleh pemerintah China. Kebijakan ini membuat aplikasi media sosial lokal Weibo menjadi populer.

Seperti dilansir CNBC, dalam hal ini pemerintah China telah melakukan peningkatkan sistem firewall mereka untuk menerapkan kebijakan sensor dan proteksi yang ketat.

Pemblokiran dilakukan sebagai upaya China untuk memperketat pengawasan terhadap aplikasi yang beredar di negaranya. Seperti diketahui, aplikasi yang berada dibawah naungan Facebook ini menggunakan end-to-end encryption yang membuat pemerintah China tak bisa melihat isi pesan yang dikirimkan antar pengguna.

Namun, masih ada beberapa aplikasi pesan instan lain seperti Skype dan Apple FaceTime yang masih diperbolehkan di China lantaran tak memiliki kebijakan kerahasiaan seketat WhatsApp.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply