Status Gunung Agung Siaga, Masyarakat Diharap Tetap Tenang

Berita, Nasional 0
Gunung Agung Bali

Gunung Agung Bali (Foto: wikipedia)

Cikancah-Cyber – Status Gunung Agung mengalami peningkatan aktivitas vulkanik. Seluruh masyarakat diminta waspada. Oleh karena itu masyarakat dilarang untuk melakukan aktivitas di radius 3 km dari kawah.

Gunung Agung sudah dinaikkan statusnya menjadi level III atau siaga. Warga pun sudah mulai mengungsi karena hujan abu telah mulai turun. Namun, situasi di Gunung Agung tersebut belum mengganggu penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Menurut Communication Head and Legal Section Head Bandara Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim, penerbangan masih normal. Debu vulkanik masih belum nampak dan arah angin masih aman ke arah bandara walau ada pembatalan penerbangan dari maskapai Australia. Namun, pembatalan tersebut setelah diselidiki bukan lantaran Gunung Agung, tapi karena technical problem.

“Sementara ini masih aman, hanya saja airnav meminta semua penerbangan menghindari terbang di area dekat gunung agung,” katanya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, Dewa Made Indra menjelaskan, bahwa masyarakat untuk tenang dan mendengar arahan dari pemerintah.

Untuk saat ini pemerintah memang belum mengevakuasi masyarakat secara besar-besaran. Walau sudah ada yang mulai mengungsi. Segala tindakan kebijakan dari pemerintah dilaksanakan sesuai dengan level peringatan dininya. Masyarakat agar lebih tenang menghadapi meningkatnya status Gunung Agung.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply