Tiga Poin Penting Timnas U-19 Dalam Hadapi Thailand Sore Ini

Berita, MotoGP, Nasional, Olahraga 0
Tiga Poin Penting Timnas U-19 Dalam Hadapi Thailand Sore Ini

Timnas Indonesia U-19 Siap Tempur Lawan Thailand

Cikancah-Cyber– Perjalanan Timnas Indonesia U-19 semakin berat terutama di Babak Semi Final Piala AFF-U18 di Myanmar. Lawan yang akan dihadapi adalah Thailand yang terkenal dengan kokoh dalam bertahan dan jeli dalam melakukan serangan.¬†Pertandingan sendiri akan dilangsungkan pada hari Jum’at (15/9) pukul 15.30 WIB di Thuwunna Stadium, Yangon Myanmar.

Pasukan Indra Safri sudah melupakan kemenangan besar atas Brunei Darussalam dan kini fokus menghadapi partai Semi Final melawan Thailand. Catatan saja Timnas Garuda Nusantara masih terkadang lemah dalam antisipasi bola-bola silang yang diumpan oleh tim lawan dan kurang fokus terhadap pergerakan lawan yang tanpa bola. Kadang pemain kita lengah tau-tau lawan sudah masuk kotak penalti dan luput dari penjagaan atau terlambat menutup lawan sehingga bisa eksekusi bola ke gawang dan tidak jarang kejadian ini yang membuat terjadinya gol ke gawang Indonesia.

Thailand pada kejuaraan ini memang belum sekalipun merasakan kekalahan dan ini merupakan tantangan bagi Timnas Indonesia dengan kokohnya barisan pertahanan dan Thailand sendiri terkenal dengan keuletan dalam menyusun serangan dengan berbagai variasi dan bisa menyulitkan barisan pertahanan Indonesia yang dikawal Rachmat Irianto.

Tiga Poin Penting Timnas dalam Menghadapi Thailand :

  1. Fokus : Fokus menyerang dengan berbagai variasi sangat diperlukan dalam pertandingan sore nanti, Thailand terkenal cerdik dalam mematahkan serangan lawan dan biasanya energinya bertambah apabila berhadapan dengan Indonesia. Gengsi tim lawan atas Indonesia masih tinggi disetiap jenjang dan ini bisa jadi taktik meruntuhkan mental para pemain Garuda Nusantara. Fokus bertahan juga sangat diutamakan terutama antisipasi umpan-umpan panjang atau menusuk ke jantung pertahanan dan gerakan liar tanpa bola para pemain Thailand pasti bisa merepotkan barisan pertahanan.
  2. Disiplin : Kedisiplinan para pemain Timnas U-19 memang akan diuji dan ini seperti gambaran waktu bermain melawan Vietnam dan kita akhirnya mengalami kekalahan, menguasai permainan sejak babak awal namun lengah dan kecolongan dengan tiga gol tanpa balas. Para pemain Garuda Muda jangan terpancing dengan situasi/skenario lawan yang bisa saja memainkan emosi dengan gangguan-gangguan kecil sehingga bisa membuat ngawurnya pola permainan karena terpancing emosi. Para pemain diharapkan tetap disiplin menjaga posnya masing-masing dengan melakukan permainan pepepa (pendek pendek panjang) dengan berbagai variasi. Mengatur ritme permainan memang menjadi kunci timnas untuk menguasai bola lebih lama dengan meminimalisir kesalahan-kesalahan yang dilakukan sendiri.
  3. Mental Juara : Sebagus apapun persiapan dan kesiapan terkadang terpatahkan dilapangan saat mental kita jatuh dan tertekan oleh lawan, akibat tekanan kita sulit mengembangkan permainan dan kesalahan-kesalahan yang tidak perlu biasanya terjadi saat mental kita jatuh. Melihat pengalaman sebelumnya disaat timnas bertemu lawan yang sepadan atau satu tingkat diatas kita sering terjadi ketidakpedean para pemain dalam mengatur/atau mengembangkan permainan. Nah Thailand sendiri terkenal dengan mental juara dan selalu ngotot mereka meskipun tertinggal duluan bisa membalikkan keadaan seperti pengalaman tahun lalu dimana tim ini sudah unggul lebih dulu namun akhirnya kalah dari Thailand dengan skor 2-3. Semoga para kali ini para pemain sudah mempersiapkan mental (Mental Juara) sehingga dapat tercermin dalam langkah dan pola permainan dilapangan dan meraih hasil maksimal dengan mengalahkan tim Gajah Putih Thailand.

Tiga hal diatas memang yang sangat mempengaruhi dalam memwujudkan cita-cita para pemain Garuda Nusantara apabila ingin pulang dengan label Juara. Tetapi hal tersebut harus dibarengi dengan doa dari seluruh elemen baik timnas ataupun masyarakat Indonesia agar perjuangan mereka mendapatkan kemudahan dan memberikan hasil yang terbaik.

Selamat berjuang Garuda Nusantara….

Prakiraan Susunan Pemain Kedua Tim :

Indonesia [4-1-3-1-1]: Aqil Savik; M Rifad, Rachmat Irianto, Nurhidayat, Samuel; Asnawi; Witan S, Saddil, Feby Eka; Egy Maulana; M Rafli.
Pelatih: Indra Sjafri

Thailand [4-4-2]: Kantaphat; Kritsada, Jaturapat, Wudtichai, Teerapat; Naravit, Chokanan, Suriya, Panyawat; Chaiwat, Yuthapichai.
Pelatih: Marc Alavedra Palacios

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply