Konstruksi Tol Pasuruan-Probolinggo Ambruk

Berita, Nasional 0
Girder Flyover Proyek Tol Pasuruan-Probolinggo Ambruk

Girder Flyover Proyek Tol Pasuruan-Probolinggo Ambruk (Foto: Istimewa)

Cikancah-Cyber – Kontruksi bangunan tol Pasuruan-Probolinggo yang terletak di Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati, Pasuruan ambruk pada Minggu (29/10/2017).

Proyek jalan Tol Pasuruan Probolinggo merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk mulai tahun 2016 dengan nilai kontrak Rp 2,9 triliun dan memiliki panjang ruas 31,3 km.

Pengerjaan tol Paspro ini melalui tiga tahap di atas lahan seluas 271 hektar. Setelah jadi, nantinya akan ada simpang susun yang ada pada tol Paspro tersebut.

Pembangunan proyek pada tahap 1 sepanjang 8 km melewati Grati-Nguling, ahap 2 perbatasan Nguling, Pasuruan-Sumberasih, Probolinggo sepanjang 6 km, dan tahap 3 Sumberasih-Leces sepanjang 17,3 km. Saat ini progress fisik pekerjaan proyek adalah sebesar 46,6 % dari rencana sebesar 50,9%.

Tiga simpang susun tersebut bernama simpang susun Tongas, simpang susun Probolinggo Barat, dan simpang susun Leces.

Dalam peristiwa ini, satu korban meninggal dunia bernama Heri Sunandar (27) asal Kalimantan Timur, Karyawan PT Waskita Karya sebagai mekanik.

Sedangkan dua orang luka, benama Sugiyono (47) asal Probolinggo, Karyawan PT Waskita Karya sebagai sopir pikap, mengalami luka patah pada kaki dan . Nurdin (35) asal Sumatra Selatan Kru PT Pancang Sakti sebagai tukang las, mengalami luka pada punggung. Korban luka dirawat di rumah sakit.

Menurut informasi, kejadian tersebut berawal dari pemasangan atau erection di Grati, panjang girder 50,80 m dengan menggunakan 2 crane masing-masing kapasitas 250 ton dan 150 ton.

Pemasangan yang dimulai dari Sabtu (28/10/2017) itu berhasil memasangan 3 girder, dan sekaligus memasang bresing.

Esok harinya Minggu (29/10/2017), petugas proyek meneruskan pekerjaan untuk memasangan girder ke empat. Namun, saat girder sudah terpasang dan akan dilakukan pemasangan bresing, girder ini patah dan mengenai 3 girder yang sudah terpasang.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply