Partai Golkar, PDIP, dan Hanura Resmi Berkoalisi dalam Pilgub Jabar

Berita, Lokal 0
Koalisi Pancasila

Koalisi Pancasila (Foto: pojokbandung)

Cikancah-Cyber – Menjelang pemilihan Gubernur Jawa Barat pada Juni 2018 nanti secara resmi Partai Golkar, Partai Hanura, dan PDIP sepakat membangun koalisi. Ketiga partai besar tersebut menamakan koalisi itu dengan “Koalisi Pancasila”. Sehingga akan ada banyak spekulasi siapa yang akan dicalonkan ketiga partai tersebut.

Pada hari Jumat, 13/10/2017, pimpinan PDIP dan Golkar tingkat Jabar kembali menggelar pertemuan, walau tak dihadiri Partai Hanura. Berbagai hal dibahas dalam pertemuan yang digelar tertutup di kantor DPD PDIP Jabar, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung.

Menurut Ketua DPD PDIP Jabar Tubagus Hasanuddin dengan terbangunnya ‘Koalisi Pancasila’ ini diyakini menjadi kekuatan besar di ajang demokrasi lima tahunan tersebut. Apalagi PDIP dan Golkar bakal mendapat tambahan dukungan dari Hanura.

“Kita sepakat berkoalisi baik di kabupaten dan kota dan juga di Pilgub Jabar. Kita namakan koalisi ini ‘Koalisi Pancasila’,” kata Tubagus.

Tubagus menyatakan, akan segera melaporkan hasil kesepakatan yang telah dibangun bersama Golkar kepada pengurus pusat PDIP.

“Kami akan lapor ke DPP, Golkar juga akan lapor ke DPP terkait kesepakatan di tingkat Jabar ini. Kita serahkan ke DPP dan biar DPP yang bicara lebih lanjut,” ucap Tubagus.

Sedangkan menurut Ketua DPD Partai Golkar Jabar Dedi Mulyadi menegaskan bahwa ‘Koalisi Pancasila’ ini bukan semata-mata soal urusan politik belaka. Tapi, cakupannya menyangkut hal paling mendasar soal konteks pembangunan Jabar yang lebih baik.

“Kita tidak ingin sebuah koalisi ini hanya sekadar simbol. Tapi harus lebih substansi dami kesejahteraan masyarakat Jabar. Makanya kita beri nama ‘Koalisi Pancasila’,” kata Dedi.

Bergabungnya tiga partai ini menegaskan siapapun nama bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan diusung, sudah dikatakan memenuhi syarat.

Pasalnya, PDIP memiliki jumlah 20 kursi di DPRD Jawa Barat, Partai Golkar memiliki jumlah 17 kursi kemudian disusul Partai Hanura dengan 3 kursi. Jumlah ini sudah lebih dari cukup untuk mengantarkan pasangan bakal calon untuk bertarung dalam Pilgub Jawa Barat tahun depan.

Meski demikian, Koalisi Pancasila masih membuka diri bagi partai lain yang menyatakan minat untuk bergabung. Akan tetapi, partai yang imgin bergabung harus memenuhi syarat.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply