Puncak Hari Santri Diperingati Pada Tanggal 22 Oktober 2017 Di Semarang

Berita, Nasional 0

Ilustrasi/google

Cikancah-Cyber – Hari ini adalah bertepatan dengan tanggal 22 Oktober 2017 merupakan hari Santri dan merupakan keputusan pemerintah melalui Kepres Nomor  22 Tahun 2015 menetapkan bahwa Tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Peringatan Hari Santri Nasional dipusatkan di Semarang Jawa Tengah.

Turut hadir pada perayaan Hari Santri sejumlah tokoh antara lain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryati Rahayu, Ketua umum PPP Muhammad Romahurmuziy, dan para tokoh masyarakat dan ulama setempat.

Pada tanggal 22 Oktober 1945 oleh para santri dan ulama pondok pesantren dari berbagai penjuru Indonesia yang mewajibkan setiap muslim untuk membela tanah air dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari serangan penjajah.

Melalui Keppres tersebut pemerintah memberi pengakuan bahwa ulama dan santri pondok pesantren memiliki peran besar dalam perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia dan mempertahankan NKRI serta mengisi kemerdekaan.

Dengan ditetapkannya Hari Santri sekaligus untuk mengenang, meneladani dan melanjutkan peran ulama dan santri dalam membela dan mempertahankan NKRI serta berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Kini para santri tentunya dituntut lebih bijak dan diharapkan mampu mengikuti perkembangan jaman dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai akhlak serta mampu membuat atau menciptakan warna tersendiri ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

Santri kini mempunyai peran penting dalam berbagai bidang kehidupan, tidak sedikit para santri mampu menunjukkan prestasi yang membanggakan dan mengharumkan nama bangsa. Di era milenial ini tentunya Santri harus bisa mengarungi kehidupan dan mengisi berbagai sendi kehidupan serta mampu menjadi benteng masuknya faham-faham atau budaya yang tidak sesuai dengan bangsa kita. Selamat Hari Santri...

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply