Ternyata Kebiasaan Menyetir Dapat Mencegah Kepikunan

Artikel, Kesehatan 0
Mengemudi dapat mencegah kepikunan

Mengemudi dapat mencegah kepikunan (Foto: Ilustrasi Pixabay)

Cikancah-Cyber РLuar biasa, ternyata menyetir atau mengemudi memiliki keuntungan sungguh menakjubkan bagi kesehatan. Salah satu keuntungannya adalah mencegah pikun atau demensia, baik di usia muda maupun tua.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Profesor Dr Guohua Li dari Universitas Columbia, New York, mengatakan, dengan menyetir dapat menangkal penurunan kognitif karena membuat pengemudi selalu waspada, mampu mengontrol diri, dan mandiri.

Hal senada juga dituturkan seorang Pakar Gizi dan Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr. dr. Saptawati Bardosono. Dr. Saptawati menegaskan bahwa memegang stir pada kendaraan bisa mencegah pikun.

Menurutnya, mengemudi dapat mencegah pikun dikarenakan bergeraknya sistem kognitif maupun fisik yang terjadi sehingga tubuh bergerak dengan sehat.

“Semua tubuh terangsang kognitif dan fisik. Panca indera kita bergerak semua. Makanya bagus untuk kesehatan,” kata dr. Saptawati.

Jika pun terjebak dalam kemacetan itu terdapat solusi yang baik. Salah satunya dengan mendengarkan musik agar tidak merusak suasana saat mengemudi.

“Kalau kena macet tuh bisa dilakukan dengan mendegarkan lagu. Ini juga sangat efektif dalam meningkatkan kesehatan,” tukasnya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply