Ahmad Dhani Ditetapkan Jadi Tersangka Atas Ujaran Kebencian

Berita, Entertainment, Politik 0
Ahmad Dhani

Ahmad Dhani (Foto: Instagram @ahmaddhaniprast)

Cikancah-Cyber – Musisi Ahmad Dhani dietapkan sebagai tersangka oleh Penyidik Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, atas cuitan ujaran kebencian melalui media sosial, Twitter.

“Iya betul (Ahmad Dhani jadi tersangka) di Polres Jaksel,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.

Status hukum itu dilakukan setelah polisi gelar perkara pada Kamis 23 November 2017 lalu. Namun, Meski sudah berstatus tersangka, Dhani masih beraktivitas seperti biasa. Rencananya polisi baru akan memeriksa Dhani sebagai tersangka pada Kamis 30 November 2017 mendatang.

Kasus ini berawal ketika Ahmad Dhani dilaporkan relawan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, Jack Boyd Lapian (BTP Network) gara-gara cuitan bernada kebencan di akun Twitter-nya, 6 Maret 2017 yang lalu.

Dalam cuitannya, Dhani menyebut siapa saja pendukung penista agama adalah baxxx yang perlu diludahi mukanya. Dalam laporannya, Dhani diduga melanggar Pasal 28 ayat 2 Jo Pasal 45 ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Atas laporan itu, Dhani menegaskan cuitannya tak mempunyai nilai ujaran kebencian. Dia lantas mengibaratkan kebencian terhadap pendukung pengedar narkoba dengan pendukung penista agama.

“Misalnya siapa saja pendukung para pengedar narkoba wajib digantung, misalnya. Itu kan ujaran kebencian kepada pengedar narkoba dan pendukungnya. Saya rasa menempatkan ujaran kebencian pada tweet saya agak salah ya. Karena saya benci kepada penista agama dan pendukungnya,” ujar Dhani, 10 Oktober 2017 seperti dilansir detik.com.

Menurut Jack, pelaporan itu perlu dilakukan agar pentolan grup band legendaris Dewa19 tersebut jera. Atas pelaporan dan penetapannya sebagai tersangka, Dhani belum menentukan sikap apakah akan mengajukan praperadilan atau tidak.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply