Akibat Banjir dan Longsor di Pacitan, 11 Warga Meninggal Dunia

Berita, Nasional 0
Banjir Pacitan

Banjir Pacitan (Foto: Screnshot YouTube)

Cikancah-Cyber – Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa posisi badai tropis Cempaka telah bergeser dari pesisir selatan Jawa Tengah ke Jawa Timur.

Badai tropis Cempaka bergerak ke arah timur tenggara menuju wilayah Indonesia dengan kecepatan 2 knots atau 4 kilometer per jam, sedangkan tekanan terendah 999 milibar dengan kekuatan 65 kilometer per jam atau 35 knots.

Cuaca ekstrem yang terjadi akibat pengaruh Siklon Tropis Cempaka telah menyebabkan bencana banjir, longsor dan puting beliung. Sejumlah desa di beberapa kecamatan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur terendam banjir besar hingga ketinggian lebih satu meter.

Menurut informasi yang dihimpun, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ribuan rumah di 13 desa di tiga kecamatan Kabupaten Pacitan terendam banjir akibat hujan deras.

Yang terdampak banjir yakni, Kecamatan Pacitan (Desa Sirnoboyo, Desa Sukoharjo, Desa Kayen, desa kembang, Desa Ploso, Desa Arjowinangun, Desa Sidoharjo), Kecamatan Kebon Agung (Desa Purworejo, Desa Banjarjo, Desa Kebon Agung) dan di Kecamatan Arjosari (Desa Pagutan, Desa Jatimalang, Desa Arjosari).

Baca Juga : Jenazah Koban di Yogyakarta Ditemukan dalam Posisi Memeluk Cucunya

Akibat Peristiwa tersebut 11 orang meninggal dunia, yang terdiri dari sembilan orang akibat tertimbun tanah longsor dan dua orang hanyut terbawa banjir. Tujuh korban longsor berasal dari Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung dan Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo sebanyak dua orang.

Sembilan korban meninggal akibat longsor itu hingga saat ini belum dapat dievakuasi. Sulitnya akses menuju lokasi dan tingginya intensitas hujan, menjadi kendala. Warga yang terdampak bajir lebih dari 4.000 jiwa dan perlu dievakuasi serta kerusakan masih dalam pendataan.

Menurut Data sementara yang dihimpun Posko BNPB, bencana tersebut terjadi Kabupaten Situbondo, Sidoarjo, Pacitan, Wonogiri, Ponorogo, Serang, Sukabumi, Purworejo, Tulungagung, Semarang, Klaten, Malang, Wonosobo, Klungkung, Kota Yogyakarta, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Bantul, Kudus dan Sukoharjo

Hingga saat ini, pihak BPBD masih berada di lokasi banjir dan longsor untuk membantu evakuasi korban dan mengirimkan bantuan logistik.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply