Cek Kondisi Kesehatan Tubuh Dari Warna Lidah

Artikel, Kesehatan 0
Kondisi Kesehatan Bisa Dilihat dari Warna Lidah

Kondisi Kesehatan Bisa Dilihat dari Warna Lidah (Ilustrasi Pixabay)

Cikancah-Cyber – Siapapun pasti tahu yang namanya lidah. Menurut wikipedia, lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan.

Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara.Juga membantu membolak balik makanan dalam mulut. Dengan adanya lidah, kita bisa merasakan rasa suatu makanan, apakah manis, pahit, pedas atau asin.

Ternyata, warna lidah dapat menjadi indikasi mengenai kesehatan diri kita. Untuk megetahuinya, periksalah warna lidah di pagi hari sebelum menyikat gigi.

Ketika sakit dokter menyuruh untuk membuka mulut dan menjulurkan lidah.  Dokter sebenarnya ingin mengetahui warna lidah disaat sakit. Dan, ternyata warna lidah dapat dijadikan indikator kondisi kesehatan saat itu juga.

Penasaran? Langsung cek kesehatan sekarang juga lewat lidah. Seperti dikutip dari laman Boldsky, cek warna lidah di bawah cahaya alami. Ada beberapa warna lidah yang berkaitan erat dengan kesehatan.

Pink Terang

Jika warna lidah adalah pink terang, itu menandakan bahwa tubuh dalam keadaan sehat, karena warna ini adalah warna ideal untuk lidah.

Merah

Jika lidah berwarna merah, kemungkinan itu mengidap penyakit infeksi. Hal ini juga bisa menjelaskan proses inflamasi atau bengkak yang terjadi dalam darah.

Merah Terang

Jika warna lidah adalah merah terang, biasanya warna ini menunjukkan ada masalah pada jantung. Terkadang juga berkaitan dengan beberapa penyakit terkait dengan darah.

Kuning

Kuning pada lidah biasanya terjadi pada orang-orang yang mengidap penyakit pada perut ataupun liver.

Ungu

Meskipun jarang, warna ungu pada lidah menunjukkan bahwa seseorang mengidap penyakit jantung atau paru-paru.

Biru

Lidah berwarna biru dapat menunjukkan seseorang memiliki penyakit ginjal.

Pucat

Jika lidah Anda berwarna pucat, bisa jadi kekurangan asupan vitamin dan mineral. Cara mengatasinya dengan makan buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Putih

Lidah berwarna putih menunjukkan mengalami dehidrasi. Selain itu, warna putih pada lidah bisa menunjukkan terkena flu atau infeksi jamur.

Jadi bagaimana kondisi kesehatan Anda saat ini?

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply