Diguyur Hujan Lebat Surabaya Dilanda Banjir Besar

Berita, Lainnya, Nasional 0
Surabaya Dilanda Banjir

Surabaya Dilanda Banjir (Foto: Istimewa)

Cikancah-Cyber – Banjir besar melanda beberapa wilayah di Kota Pahlawan Surabaya, Jawa Timur. Banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Surabaya dan sekitarnya sejak Jumat, 24/11/2017 dari pagi hingga sore hari.

Sejumlah ruas jalan dan wilayah di Kota Surabaya direndam banjir. Wilayah terdampak banjir seperti Jambangan, Mulyorejo, Ngagel, Tambaksari, Tegalsari, Indrapura, Rungkut, Dharmawangsa, Mayjen Sungkon, Gunung Anyar, Petemon, dan beberapa wilayah lainnya.

Menurut warga setempat beberapa hari lalu terjadi hujan deras, sejak pagi hingga sore hari, banyak rumah warga yang terendam. Walau warga telah melakukan kerja bakti membersihkan saluran air.

Namun, airnya belum surut hingga membuat warga kerepotan. Para warga berharap adanya bantuan dari pemerintah terutama Satgas Pekerjaan Umum (PU).

Menurut pantauan beberapa sumber informasi, banyak kendaraan roda dua mogok terendam banjir setinggi lutut orang dewasa, yang menyebabkan kemacetan di beberapa ruas jalan.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, sepulangnya dari kunjungan dari Eropa langsung melakukan pengecekan sejumlah kawasan banjir, Jumat malam.

Risma mengajak Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan untuk mengecek kondisi saluran. Di saluran tersebut ternyata air justru kembali ke saluran yang kecil. Tidak ke saluran besar yag sudah dibuatkan dengan bos culvert. Risma melihat ada beton dan jaringan kabel yang cukup menghalangi aliran saluran.

“Tolong ini dibuka salurannya biar bisa lihat aliran airnya,” kata Risma.

Tak lama kemudian, alat berat yang dibawa Dinas PU Bina Marga dan Pematusan datang dan langsung menggaruk penghambat aliran saluran tersebut agar aliran airnya lancar.

Dikabarkan akibat banjir itu menelan korban jiwa. Seorang mahasiswa Universitas Islam Negeri Surabaya (UINSA) meninggal dunia akibat tersengat aliran listrik di kamar kosnya Jalan Wonocolo Surabaya, Gang III RT 3/RW 4.

Mahasiswi tersebut bernama Zakiyatus Shawa (20), yang masih duduk di semester 1 Fakuktas Syariah. Mahasiswi kelahiran Kediri 1998 itu diduga tersengat aliran listrik saat hendak mencabut charger laptop yang terletak di atas kasur. Karena kondisi kamarnya tergenang air dan posisi kaki menempel di lantai, korban langsung tersengat listrik.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply