Gemuruh Letusan Gunung Agung Terdengar Sampai Radius 12 KM

Berita, Nasional 0
Erupsi Gunung Agung

Erupsi Gunung Agung (Foto: Screenshot YouTube)

Cikancah-Cyber – Gunung Agung Bali kembali erupsi. Suara gemuruh terdengar hingga Pos Pengamatan Gunung Agung yang berjarak 12 Km dari kawah. Warga di sekitar lereng Gunung Agung dibuat khawatir.

Suara gemuruh terdengar dari arah gunung setinggi 3.142 Mdpl itu. Suara gemuruh menghilang dan kembali terdengar berkali-kali membuat warga jadi panik.

Menurut laporan PVMBG atas pengamatan Gunung Agung periode pukul 06.00-12.00 WITa, asap kawah bertekanan sedang masih teramati berwarna kelabu. Intensitas asap sangat tebal dengan ketinggian 2.500 meter dari permukaan kawah.

Angin yang bertiup membawa asap dan abu vulkanik ke arah timur-tenggara menuju Selat Lombok dan Lombok bagian barat. Status gunungapi ini sendiri masih siaga dan sedang dievaluasi oleh PVMBG.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali mengingatkan warga tetap menggunakan masker saat berada di luar rumah karena berbahaya bagi kesehatan.

Hujan abu yang terjadi dialami oleh 3 desa yakni Besakih, Pempatan dan Rendang ketika meletus pada Sabtu (25/11) sore. Kini, hujan abu dilaporkan terjadi di Amlapura, Amed dan Padangbai karena angin meniup asap vulkanik ke arah timur-tenggara.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply