Khofifah Kirim Surat Resmi ke Jokowi untuk Maju di Pilgub Jatim

Berita, Nasional, Politik 0
Khofifah Indar Parawansa

Khofifah Indar Parawansa (Foto: Instagram @khofifah.ip)

Cikancah-Cyber – Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa akan segara mengirimkan surat pemberitahuan kepada Presiden Joko Widodo untuk izin maju dalam Pilkada Jawa Timur 2018.

Khofifah maju di Pilkada Jawa Timur berpasangan dengan Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak. Pasangan calon Gubernur Jawa Timur itu, diusung partai Demokrat (13 kursi DPRD Jatim) dan Golkar (11 kursi).

“Insya Allah besok akan menyampaikan surat tertulis ke Bapak Presiden melalui Kementerian Sekretaris Negara,” ucap Khofifah.

Melalui surat tersebut, Khofifah ingin menyampaikan kepada Jokowi bahwa dirinya yang saat ini menjabat Menteri Sosial, akan maju di Pilgub Jatim 2018. Dan agar dirinya tidak dibilang meninggalkan tugas negara sebagai menteri. Surat itu bukan surat pengunduran diri sebagai Menteri Sosial.

“Kami menjalankan tugas sesuai Kepres. Amanat harus dilaksanakan sesuai dengan pakta integritas yang telah ditanda tangani,” ujar Khofifah.

Dalam UU No. 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Bupati, Wali Kota, dan Gubernur (UU Pilkada) tidak mencantumkan kewajiban bagi Menteri ataupun Wakil Guberbur untuk mundur jika maju sebagai calon kepala daerah.

Sebegaimana tercantum dalam Pasal 7 ayat 2 UU Pilkada, jelasnya, pihak yang harus mengundurkan diri saat maju dalam Pilkada adalah kepala daerah yang mencalonkan di daerah lain, anggota DPR, DPRD, DPD, anggota TNI-Polri, PNS, Kepala Desa atau Lurah, jabatan dalam BUMN dan BUMD.

Sedangkan dalam UU No. 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara juga tidak menyebutkan kewajiban untuk mundur dari jabatan bagi seorang Menteri ketika mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah seperti Khofifah.

Khofifah yang berduet dengan Emil di Pilgub Jatim 2018 nanti, selain didukung Partai Demokrat dan Golkar, dukungan juga akan datang dari Partai NasDem, PPP dan Hanura.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply