Komite Anti Korupsi Arab Saudi Tangkap 11 Pangeran Atas Tuduhan Korupsi

Berita, Internasional 0
Pangeran Alwaleed bin Talal

Pangeran Alwaleed bin Talal (Foto: AFP)

Cikancah-Cyber – Komite Anti Korupsi Kerajaan Arab Saudi yang diketuai oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman, mengumumkan telah menahan 11 pangeran, 4 menteri yang masih aktif, dan puluhan mantan menteri.

Menurut Al-Arabiya TV, salah satu di antaranya adalah Pangeran Alwaleed bin Talal, keponakan tiri Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. Penangkapan dilakukan atas perintah komite khusus anti-korupsi yang baru saja dibentuk sang raja.

Penangkapan Alwaleed merupakan kejutan tersendiri bagi pihak kerajaan maupun pusat keuangan dunia. Sebab, Alwaleed merupakan orang yang mengendalikan perusahaan investasi Kingdom Holding dan salah satu orang terkaya di dunia, memiliki saham utama di berbagai perusahaan global seperti News Corp, Citigroup, Twitter, dan lainnya.

Operasi penyapuan ini disebut-sebut banyak pihak sebagai langkah terbaru dalam mengkonsolidasikan kekuasaan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman, yang merupakan penasihat utama Raja Salman.

Berusia 32 tahun, putra mahkota sudah menjadi suara dominan di militer Arab Saudi, kebijakan luar negeri, sosial dan ekonomi. Hal ini memicu kecemburuan beberapa anggota keluarga kerajaan yang menilai putra mahkota memiliki terlalu banyak kekuasaan di usia muda.

Raja Salman telah membuat dekrit pembuatan komite antikorupsi terbaru yang dipimpin putra mahkota. Dekrit dikeluarkan beberapa jam sebelum komite antikorupsi memerintahkan penangkapan.

Al-Arabiya TV melaporkan komite antikorupsi memiliki kekuatan untuk menginvestigasi, menangkap, mencekal, dan membekukan aset siapapun yang dianggap korup.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply