Pengunggah Meme Setya Novanto di Instagram Berhasil Ditangkap Polisi

Berita, Kriminal, Nasional 0
Ketua DPR RI Setya Novanto

Ketua DPR RI Setya Novanto (Foto: Istimewa)

Cikancah-Cyber – Akhirnya, Tim Subdit Cyber Bareskrim Polri berhasil menangkap DKA, terduga pelaku pengunggah sejumlah meme Ketua DPR RI Setya Novanto di akun Instagram-nya.┬áPenangkapan dilakukan didasari oleh laporan Fredrich Yunadi, kuasa hukum Novanto pada 10 Oktober 2017.

Belakangan diketahui DKA, merupakan kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Tangerang. Dia mengunggah sejumlah meme Setya Novato di akun Instagram, @dazzlingdyann. Meme yang diunggah tersebut diedit dalam berbagai rupa pada 7 Oktober.

Pelaku diamankan di rumahnya di Tangerang sekitar pukul 22.00 WIB, Selasa (31/10/2017). Perempuan berusia 29 tahun itu kini telah berstatus tersangka dan dijerat pasal 27 ayat 3 Undang-undang No 11 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Dalam penangkapan tersebut turut disita barang bukti, yakni satu buah tablet Samsung warna hitam abu-abu, satu buah Sim Card Simpati dan satu buah memori card merek Vigen dengan kapasitas 32 GB.

Dilansir dari Kompas.com, motif penyebar meme Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto yang tengah memakai masker alat bantu tidur di Rumah Sakit Premier Jatinegara sekadar main-main.

“Menurut keterangannya, yang bersangkutan menyampaikan iseng, kemudian hanya main-main,” kata Kasubdit Cyber Bareskrim Polri Komisaris Besar Asep Safrudin.

Namun, pihak kepolisian tetap akan mendalami motif sesungguhnya sehingga tersangka DKA tersebut mengunggah dan menyebarkan sejumlah meme Novanto.

Atas peristiwa tersebut Kepolisian mengimbau agar warganet tidak asal mengunggah dan menyebar meme dan pesan yang berpotensi mengandung fitnah dan pencemaran nama baik. Karena Polisi selalu serius menindaklanjuti tindak pidana siber yang kini marak terjadi di masyarakat.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply