Terjadi Gempa Tremor di Gunung Agung Bali

Berita, Nasional 0
Gempa Tremor Gunung Agung

Gempa Tremor Gunung Agung (Foto: Istimewa)

Cikancah-Cyber – Gunung Agung Bali kembali menampakkan aktivitasnya. Kali ini Gunung Agung memunculkan rentetan gempa tremor nonharmonic yang menjadi pertanda adanya aliran magma.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat munculnya aktivitas gempa tremor nonharmoni diakibatkan adanya aktivitas vulkanik di Gunung Agung.

Dari hasil pengamatan PVMBG gempa tremor non harmonik terjadi sebanyak 3 kali dengan amplitudo 1.5-4 mm dan berdurasi 80-140 detik. Gempa tersebut muncul saat pemantauan pada pukul 12.00-18.00 Wita.

Memurut Kepala Subbidang Mitigasi Pemantauan Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Devy Kamil‎‎, ‎tremor nonharmonic sering juga disebut spasmodic burst atau spasmodic tremor.

Tremor nonharmonic adalah rentetan beberapa gempa vulkanik di mana satu gempa muncul sebelum gempa sebelumnya selesai.

Menurut Devy, gempa tremor seperti di Gunung Agung ini tak melulu diikuti letusan, kecuali kalau terjadi secara terus-menerus.

“Manifestasi permukaan bisa hanya berupa pelepasan gas atau asap ke permukaan,” jelasnya.

Tremor harmonik, bisa terjadi jika aliran fluida (batuan berbentuk cair atau lava) mengakibatkan bergeraknya conduit (saluran) dan membuat resonance effect atau efek resonansi.‎

Devy berharap, manifestasi di permukaan hanya berupa gas dan asap saja. Jadi, tekanan di bawah perut Gunung Agung cepat habis.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply