Daftar Parpol yang Lolos ke Tahap Verifikasi Faktual Pemilu 2019

Berita, Nasional, Politik 0
12 Parpol Lolos ke Tahap Verifikasi Faktual

12 Parpol Lolos ke Tahap Verifikasi Faktual (Foto: Twitter @KPU_ID)

Cikancah-Cyber – Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi mengumumkan 12 Partai Politik (Parpol) yang berhak mengikuti tahapan verifikasi faktual.

Menurut Ketua KPU, Arief Budiman, dari 14 Parpol yang telah lolos sebelumnya kini tinggal 12 parpol. Hal itu berdasarkan penelitian administrasi perbaikan parpol peserta pemilu 2019.

Ada dua jenis dokumen yang menjadi syarat sebuah partai lolos penelitian administrasi perbaikan, yakni dokumen yang diserahkan ke KPU Pusat dan KPU Daerah.

Dokumen parpol harus lengkap, termasuk soal struktur kepengurusan mulai dari tingkat pusat sampai kecamatan. Termasuk untuk rekening bank yang dimiliki DPP hingga kabupaten atau kota.

Keduabelas parpoli yang melaju ke tahap verifikasi faktual yakni, Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PDI Perjuangan, Partai Hanura, Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sedangka dua parpol yang tak lolos tahap penelitian administrasi adalah Partai Berkarya dan Partai Garuda.

KPU akan menggelar verifikasi faktual terhadap 12 parpol sejak Jumat (15/12). Jangka waktu verifikasi faktual akan memakan waktu hingga satu bulan mendatang.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply