Dunia Internasional Tolak Kebijakan Trump Soal Jerusalem

Berita, Internasional 0
Kebijakan Donald Trump

Kebijakan Donald Trump (Foto: Istimewa)

Cikancah-Cyber – Kebijakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengakui Jerusalem sebagai ibu kota Israel menuai banyak protes.

Gelombang protes terhadap apa yang dilakukan Donald Trump terus berlanjut. Warga Arab dan muslim Timur Tengah serta beberapa wilayah lainnya, mengecam pengakuan AS atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel.

Pengakuan itu telah menghancurkan masa depan perdamaian di Timur Tengah, dan dianggap banyak kalangan telah membakar amarah warga di kawasan Timur Tengah.

Palestina menganggap Amerika Serikat (AS) telah keluar  meninggalkan peran utamanya sebagai mediator perdamaian.

Menurut otoritas Palestina, pengakuan Jarusalem sebagai ibu kota Israel, maka kesepakatan damai Palestina-Israel sulit tercapai.

Jerusalem diakui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai status quo dan Palestina sendiri tetap menjadikannya sebagai ibu kota Palestina merdeka.

Selain itu, protes terhadap langkah Trump juga datang dari Uni Eropa dan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Mereka menyuarakan kekhawatiran atas keputusan Presiden Donald Trump yang akan segera memindahkan Kedutaan Besar AS di Israel ke Jerusalem.

Banyak yang mengkhawatirkan konsekuensi dari langkah Trump tersebut serta kahwatir hal tersebut akan berdampak pada kelanjutan proses perdamaian Israel-Palestina.

Para sekutu AS di Eropa pun menetang langkah yang diambil Trump, karena bertolak belakang dengan kebijakan para presiden Amerika sebelumnya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply