Eks Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh Tewas dalam Serangan Roket

Berita, Internasional 0
Mantan Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh terbunuh di selatan ibu kota Sanaa,

Mantan Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh terbunuh di selatan ibu kota Sanaa (Foto: Istimewa)

Cikancah-Cyber – Mantan Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh terbunuh di selatan ibu kota Sanaa, Pada Senin, 4 Desember. Dalam sebuah bentrokan sengit dengan pemberontak Houthi di Ibu Kota Sanaa.

Ali dilaporkan tewas dibunuh dalam serangan roket dan senjata api dengan puluhan tembakan di kepala dan perut.

Sebelum mantan presiden Yaman tersebut dibunuh, pada hari yang sama milisi pemberontak Houthi meledakkan rumah Saleh di pusat Ibu Kota Sanaa.

Tewasnya Ali terbunuh, diindikasikan setelah secara resmi ia mengumumkan pembubaran kemitraannya dengan milisi Houthi. Sebelumnya Ali dan para pendukungnya pernah bersama-sama kelompok Houthi melawan pemerintahan Yaman yang sah.

Menurut informasi dari sebuah sumber, Ali meninggalkan rumahnya di Sanaa dengan satu mobil bersama dengan putranya dan dua anggota terkemuka partai Kongres Rakyat Umum Yaman.

Mobil Ali, setibanya di daerah Sayan, beberapa kilometer dari Desa Beit al-Ahmar di Sanhan. Rombongan Ali kemudian dikepung tujuh mobil yang penuh dengan militan Houthi.

Menurut laporan media lokal, militan Houthi  memaksa mantan presiden Saleh dan teman-temannya keluar dari mobil. Sejenak kemudian, perut dan kepala Saleh diberondong tembakan. Beberapa sumber mengatakan setidaknya 35 peluru amunisi ditembakkan.

Khaled, putra Saleh, dilaporkan terluka dan ditangkap oleh milisi Houthi. Sedangkan nasib Tariq Saleh, keponakan Saleh, dan Arif Zuka, Sekretaris Jenderal Partai Kongres, masih tetap menjadi misteri.

Ali disingkirkan dari jabatannya sebagai presiden pada 2012 dan digantikan oleh wakilnya Abdu Rabbu Mansur Hadi.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply