Fadli Zon Plt Ketua DPR Setelah Setya Novanto Mengundurkan Diri

Berita, Nasional, Politik 0
Plt Ketua DPR Fadli Zon

Plt Ketua DPR Fadli Zon (Foto: Twitter @fadlizon)

Cikancah-Cyber – Fadli Zon ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR oleh rapat pimpinan DPR, Senin, 11/12/2017. Penunjukkan Fadli Zon dikarenakan Setya Novanto secara resmi telah mengundurkan diri sebagai Ketua DPR RI.

Rapat pimpinan itu dihadiri oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Taufik Kurniawan, dan Fadli Zon. Hanya dalam rapat tersebut tidak dihadiri Wakil Ketua DPR lainnya Agus Hermanto karena sedang berada di luar Jakarta.

Penunjukan Fadli Zon sebagai Plt Ketua DPR karena Setya Novanto telah mengundurkan diri sebagaimana surat yang diterima pimpinan DPR pada tanggal 6 Desember 2017 lalu.

Ditunjuknya Fadli Zon sebagai Plt sesuai dengan Pasal 87 Undang-undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) disebutkan pada ayat 3, dalam hal salah satu seorang pimpinan DPR berhenti dari jabatannya sebagaimana dimaksud pada ayat 1 anggota pimpinan lainnya menetapkan salah seorang diantara pimpinan untuk melaksanakan tugas pimpinan yang berhenti sampai ditetapkannya pimpinan yang definitif.

Saat ini, pimpinan DPR menunggu pengajuan pergantian ketua DPR dari Fraksi Partai Golkar. Terlebih, DPR mulai memasuki masa reses pada Selasa 12 Desember 2017.

Ketua DPR definitif akan dipilih oleh Fraksi Partai Golkar yang akan melakukan konsolidasi internal terlebih dulu. Dalam sidang berikutnya yang dimulai 9 Januari 2018, Golkar akan menentukan sosok Ketua DPR yang baru.

Setya Novanto kini telah ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP).

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply