Inilah Bahan, Bumbu Dan Cara Mudah Memasak Ayam Kalasan Ditambah Sambal Yang Mantap

Artikel, Makanan 0
Inilah Bahan, Bumbu Dan Cara Mudah Memasak Ayam Kalasan Ditambah Sambal Yang Mantaps

Ilustrasi/google

Cikancah-Cyber – Libur panjang sekolah dan menyambuat tahun baru sepertinya sangat menyenangkan bagi sebagian besar anak-anak sekolah karena bisa liburan dan bertemu sanak saudara yang dikota bisa ke kampung atau sebaliknya. Nah bagi anda yang mau mencoba memanfaatkan waktu liburan bagi putrinya untuk belajar masak tidak ada salahnya mencoba memperkenalkan beberapa resep masakan khas nusantara agar kelak dewasa anak-anak kita sudah mahir dalam hal mengolah makanan.

Kali ini kita akan mencoba membuat ayam goreng kalasan dengan bahan-bahan yang mudah dijumpai disekitar kita. Bagi anda yang sudah tahu atau biasa tentunya ini bukan hal yang sulit namun masih ada dikalangan kita yang mungkin masih asing dengan nama ayam kalasan dan apasaja si sebenarnya yang membuat ayam goreng Kalasan ini sering menjadi menu favorite dibeberapa rumah makan bahkan hotel sekalipun dan bagaimana cara membuatnya.

Yuk kita simak dan ikuti bagaimana cara membuat Ayam Goreng Kalasan :

Bahan-bahan :

Ayam Kampung Utuh  1 ekor

Air Kelapa 1 Liter

Soda Kue kira-kira 1 sendok teh

Minyak Goreng Secukupnya

Bumbu :

Bawang Putih  8 Siung

Garam secukupnya

Cara Memasak :

  • Ayam yang sudah dibersihkan direbus dengan air kelapa, soda kue, Bawang Putih dan garam sampai keadaan air mengering, setelah itu angkat dan tiriskan beberapa saat.
  • Goreng ayam tersebut kedalam minyak panas dan harus dipastikan ayam benar-benar terendam minyak agar matangnya merata. Usahakan Ayam jangan terlalu kering angkat dan tiriskan. Agar terlihat mengkilat dan menarik sapukan sisa air pada ayam dan sajikan dengan sambal.

Adapaun bahan-bahan pelengkap ayam goreng kalasan berupa sajian sambal yang nikmat sebagai berikut :

Bahan Sambal :

Cabai Merah (2 ons), Bawang Merah (5 butir), Tomat (2 buah), Gula Pasir (secukupnya), Garam (secukupnya), Minyak (3 sendok makan).

Cara Memasak Sambal :

  • Rebus Cabai, Bawang Merah dan Tomat hingga matang lalu tiriskan dan langsung dihaluskan (ulek).
  • Gorenglah diatas api kecil dan tambahkan gula pasir sama gula secukupnya

Nah sekarang khidangan Ayam Goreng Kalasan bisa anda nikmati sekeluarga tanpa harus susah-susah atau jauh-jauh pergi ke restoran, namun dirumah pun bisa anda buat sendiri bersama keluarga. Selamat Mencoba dan tunggu resep-resep nusantara lainnya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply