Inilah Beberapa Tempat Merayakan Pergantian Tahun di Ciamis Yang Wajib Anda Ketahui

Berita, Lokal 0

Inilah Beberapa Tempat Merayakan Pergantian Tahun di Ciamis Yang Wajib Anda Ketahui

Cikancah-Cyber – Pergantian tahun tinggal menunggu jam, seluruh Negara menyambutnya dengan berbagai aksi atau cara yang berbeda, pun tidak ketinggalan masyarakt yang berada di kawasan Indonesia. Berbagai daerah siap menggelar berbagai kegiatan demi memerihakan pergantian tahun dari 2017 ke tahun baru 2018.

Di daerah Jawa Barat misalnya, beberapa kegiatan akan meramaikan pesta pergantian tahun dengan menggelar kegiatan khusus, terutama yang menyangkut tradisi seni dari daerah masing-masing.

Bagaimana Dengan Ciamis?

Diprediksi bahwa pesta pergantian tahun didaerah Ciamis seperti halnya di daerah lain, keramaian menjelang tahun baru bakal terjadi di pusat keramaian massa di Ciamis. Meskipun Pemkab memang tidak menggelar kegiatan khusus, tetapi warga bakal spontan memadati berbagai tempat berkumpulnya massa dan pusat keramaian.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Ciamis Tonton Guntari mengatakan, seperti halnya pergantian tahun sebelumnya, masyarakat akan memadati dan merayakan pergantian tahun dan biasanya terpusat di wilayah Tatar Galuh Ciamis, di antaranya Alun-alun dan Taman Rafflesia.

Tempat lain yang selalu ramai dipadati massa dikawasan Ciamis adalah Lapangan Lokasana yang jaraknya kurang dari satu kilometer dari pusat kota, kompleks Islamic Center Ciamis, dan termasuk juga  kawasan Sirkuit BMX di Cigembor.

”Pemerintah dan dinas memang tidak secara resmi menggelar pertunjukan. Akan tetapi, ada beberapa komunitas musik yang bakal tampil di Lapangan Lokasana. Pesta kembang api biasanya juga dilakukan spontan oleh masyarakat,” kata Tonton seperti diberitakan oleh Pikiran Rakyat.

Selain tempat-tempat yang berada dekat dengan pusat Kota Ciamis titik keramaian lain juga bakal terjadi di kawasan alun-alun Kawali atau taman Surawisesa dan tidak ketinggalan objek wisata yang ada di wilayah Ciamis utara, di antaranya Situ Panjalu. Didaerah ini terdapat beberapa komunitas seni yang sering menggelar berbagai acara dalam setiap menyambut hari-hari besar termasuk pergantian tahun.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Toto Marwoto menambahkan, agenda tahun baru bakal di pusatkan di Tourist Information Center (TIC) yang berada di kawasan Islamic Center Ciamis. Selain mengumpulkan kalangan seniman, budayawan, dan elemen lain, akan tampil musik gamelan.

”Malam tahun baru tidak sekadar refleksi perjalanan sepanjang tahun, tetapi juga langkah apa yang harus dibenahi agar ke depan lebih baik. Silakan saja warga ikut bergabung menikmati musik tradisional gamelan,” tutur Toto Marwoto.

Pemkab Ciamis juga mengajak warganya untuk merayakan pesta pergantian tahun dengan tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan bagi warga lainnya dan tidak melakukan hal-hal yang berlebihan sehingga tetap dapat menjaga stabilitas keamanan ditatar galuh Ciamis.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply