Kejar Ketertinggalan PSSI Jalin Kerjasama Dengan JFA

Berita, Info Bola 0
Kejar Ketertinggalan PSSI Jalin Kerjasama Dengan JFA

PSSI Dan JFA Jalin Kerjasama Dalam Pengembangan Sepakbola Di Kawasan Asia/dok. pssi.org

Cikancah-Cyber – Dalam mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain dikawasan Asia Persatuan Sepak bola Indonesia (PSSI) dan Federasi Sepak bola Jepang (JFA) sepakat untuk menjalin kerja sama dalam membangun sepak bola. Pendatanganan kerja sama dilakukan oleh kedua belah pihak di Hotel Prince Park Tower Tokyo.

Pihak PSSI sendiri diwakili oleh Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono yang didampingi Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria. Sementara dari JFA diwakili oleh Presiden JFA Tashima Kozo dan Sekjen JFA Kazumichi Iwagami.

Sepak bola pun tidak hanya bicara prestasi timnas. Akan tetapi juga bicara langkah-langkah dan strategi untuk mencapai prestasi itu. “Jadi tidak hanya bicara pemain, tetapi juga bicara apa yang mendukung mereka, untuk mencapai performa terbaik. Pelatih, pemain, wasit, manajemen, organisasi, good governance, pembinaan pemain usia muda, bisnis, media, keanggotaan, dan hubungan internasional. Adalah hal-hal yang membungkus sepak bola modern yang perlu PSSI kejar,” ungkap Tisha seperti yang dilansir oleh situs resmi PSSI.

Sebagaimana kita ketahui PSSI mengalami masa kelam dalam sejarah persepakbolaan nasional sejak tahun 2010 sampai 2016 sepertinya dunia persepakbolaan nasional terus dihampiri berbagai konflik sehingga pada puncaknya PSSI sempat di sanksi oleh FIFA dan dibekukan oleh pemerintah. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi terhadap kualitas pemain dan prestasi baik di Asia apalagi di dunia.

Bukan Yang Pertama Kerjasama Dengan JFA

Meskipun kerjasama antara PSSI dan JFA bukan yang pertama namun para pecinta sepakbola tanah air menaruh harapan besar terhadap dampak dari terjalinnya hubungan kedua federasi mengingat Jepang kini masuk kedalam jajaran raksasa Asia bahkan didunia pun sudah sangat diperhitungkan dan bisa mensejajarkan dengan prestasi yang ditorehkan dari belahan eropa.

Di era kepengurusan Agum Gumelar pun PSSI sempat melakukan kerjasama dengan JFA dan salahsatunya dalam peningkatan prestasi sepakbola wanita, manajemen dan perwasitan. Meskipun tidak terlalu menonjol prestasi dikala itu namun setidaknya banyak pengalaman dan ilmu yang bisa didapat oleh PSSI atas kerjasama tersebut, apalagi diera seperti sekarang ini dengan kecepatan sistem informasi tentunya lebih diuntungkan dari segi efisiensi waktu.

Baca Juga : Inilah Lima Poin Penting Kerjasama PSSI Dengan JFA

Tashima Kozo meyakini bahwa kerja sama JFA dengan PSSI akan membawa manfaat yang sangat besar dalam hal pertukaran pemikiran untuk pengembangan sepak bola Asia. Kerja sama ini juga sangat berarti untuk mengangkat popularitas sepak bola di Jepang.  Tashima Kozo juga menyampaikan apresiasi terhadap PSSI yang bangkit setelah mengalami periode sulit bertahun-tahun dari tahun 2010. “Namun, saya yakin dengan potensi yang besar ditambah komitmen dan kompetensi yang kuat dari pengurus PSSI, sepak bola Indonesia bisa bangkit,” ungkapnya dengan nada optimis.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply