Presiden Joko Widodo : Jangan Ulangi Kebiasaan Menumpuk Anggaran Sampai Akhir Tahun

Berita, Nasional 0
Presiden Joko Widodo : Jangan Ulangi Kebiasaan Menumpuk Anggaran Sampai Akhir Tahun

Presiden Joko Widodo Targetkan Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Dari Aceh Sampai Papua/dok.presidenri.go.id

Cikancah-Cyber – Presiden Joko Widodo menyerahkan  Daftar Isian Pelaksanan Anggaran (DIPA) tahun 2018 kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (6/12/2017).

Pada kesempatan tersebut Presiden mengingatkan kepada seluruh Kementrian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar tidak lagi mengulang kebiasaan menumpuk anggaran sampai akhir tahun atau mengeluarkannya hanya dalam momen-momen tertentu. “Jangan sampai bulan Agustus, bulan September baru mulai. Kebiasaan ini kita ulang-ulang terus selama berpuluh-puluh tahun. Hentikan,” ujar Presiden Jokowi seperti yang diberitakan oleh kompas.com.

Presiden menginginkan bahwa pertumbuhan ekonomi bisa berkala dan itu artinya sangat berkaitan erat dengan anggaran yang diturunkan, jadi kalau Januari sudah turun jangan sampai penggunaanya baru dimulai dari pertengahan tahun (misal baru mulai Agustus) dan hal ini akan mempengaruhi terhadap pertumbuhan ekonomi dan angka inflasi.

APBN 2018 mengambil tema “Pemantapan Pengelolaan Fiskal untuk Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Berkeadilan”. Artinya, seiring keterbatasan kapasitas fiskal, Dalam hal ini Presiden berharap APBN harus mampu menjadi pendorong peran swasta yang lebih besar dalam melaksanakan pembangunan nasional, khususnya pembiayaan infrastruktur strategis.

Dengan adanya sinergi antara pemerintah dan pihak swasta diharapkan kemiskinan dan kesenjangan dimasyakarat dapat teratasi dan tumbuhnya lapangan kerja sehingga dapat menggerakan roda perekonomian yang adil dan merata dari kota sampai pelosok desa.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply