Apa Sih Sebenarnya Arti Kata Gabut Itu?

Artikel, Bahasa 0
Makna Gabut yang Sebenarnya

Makna Gabut yang Sebenarnya (Foto: Istimewa)

Cikancah-Cyber – Di era Milenial ini banyak kata gaul yang beredar di kalangan anak muda. Salah satunya adalah ‘Gabut’. Kata gabut ini memang tidak setenar dan sepopuler seperti kata-kata gaul yang lain semisal baper dan mager.

Gabut, merupakan kata yang paling jarang didengar dan dikeluarkan, tapi sebenarnya kata gabut adalah kata yang bisa mewakili itu semua, dan memiliki arti lebih luas.

Menurut beberapa sumber, arti dari kata gabut memang berbeda-beda. Karena istilah tersebut berhubungan dengan sudut pandang masing-masing penutur, jadi sangat wajarlah jika adanya perbedaan tergantung pada orangnya.

Ada juga yang mengatakan, Gabut adalah kata gaul yang memiliki singkatan “Gaji Buta”. Istilah ini diyakini pertama muncul sejak tahun 2011 Namun, kata dan istilah ini mulai ngetrend di tahun 2014-2015-an yang tentunya dengan makna yang berbeda.

Gabut adalah suatu keadaan dimana kita sedang bingung atau sedang stress karena tidak tahu harus melakukan apa yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti jenuh, bosan, capek, lelah, dan sebagainya.

Berikut beberapa arti kata gabut yang dapat dihimpun dari berbagai sumber :

Gabut = Gaji BUTa

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kata gabut dapat juga diartikan sebagai gaji buta. Misalnya saja ada orang yang berprofesi sebagai pekerja / karyawan, yang kerjanya malas-malasan, namun tidak ketahuan dan tetap digaji setiap bulannya. Maka orang tersebut bisa dikatakan memakan gaji buta.

Gabut = Galau BeUT (Galau Banget) 

Kata gabut yang satu ini kebanyakan yang dimaksud oleh anak-anak alay di sosial media / sosmed. Mereka membuat status yang di dalamnya terdapat kata gabut. Dengan maksud mereka sedang dilanda kegalauan, sedih, gundah gulana dan sebagainya.

Dari pengertian di atas, dimana gabut = galau beut. Dapat juga diartikan sebagai seseorang yang sedang malas, boring, tak enak mau ngapa-ngapain, bosan dan lain sebagainya.

Gabut = BelaGa BUT

Kata tersebut dikaitkan dengan orang-orang yang menuliskan komentar atau status di sosial media. Jika diiringi dengan kata yang bernadakan memojokkan atau menyalahkan seseorang, maka gabut yang dimaksud adalah “Belaga Buta”.

Selain itu, Belaga Buta jika di dalam bahasa indonesia yang baik dan benar, dapat juga diartikan sebagai pura-pura tidak tahu atau pura-pura tidak melihat.

Gabut = GAjelas BeUT (Ngak Jelas Banget)

Kata gabut yang satu ini seringkali ditujukan kepada orang-orang yang tidak jelas di dalam menuliskan status, cerita, berbicara, tingkah laku dan lain sebagainya.

Gabut = GAk BUtuh 

Ada juga yang mengartikan kata gabut itu sebagai ungkapan “ngak butuh”. Misalnya saja di dalam suatu status atau komentar di media sosial atau medsos.

Dari penjelasan di atas jelaslah yang sebenarnya kata Gabut itu memiliki banyak arti atau pengertian yang berbeda-beda tergantung orang yang mengartikannya. Nah, bagaimana menurut pendapat Anda?

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply