April Mop dan Asal Usulnya

Artikel, Unik & Aneh 0
April Mop atau April Fools' Day

April Mop atau April Fools’ Day (Foto: Screenshot YouTube)

Cikancah-Cyber – Ada hal yang dianggap aneh, unik dan tak lazim yang dilakukan di bulan April. Setiap tanggal 1 April, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain. Tradisi berbuat iseng tersebut populer disebut dengan April Mop.

Tahu tidak mengapa  April Mop harus tanggal 1 April? Bagaimana juga asal mulanya?

Dalam sejarahnya lelucun atau perayaan April Mop memang sudah ada sejak 1582, namun baru dirayakan oleh banyak orang pada tahun 1700.

Menurut wikipedia, perayaan April Mop, dikenal dengan April Fools’ Day dalam bahasa Inggris, yang diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.

Hari pada tanggal 1 April perayaan ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya tehadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan oran-orang yang mudah ditipu.

Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai April Mop.

Namun berbeda lagi seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari. Hari itu (1 April) juga banyak diperingati di Internet.

Dilansir dari sains.me, banyak versi dari sejarah April Mop, yang kebenarannya masih simpang siur. Salah satu versi yang paling banyak diyakini oleh orang-orang adalah versi perpindahan sistem penanggalan.

Pada abad ke-16 (era tahun 1500 sampai 1600), sistem penanggalan yang digunakan oleh orang-orang Eropa, terutama Perancis, menggunakan sistem kalender Julian (Julian Calendar) yang hitungan tahunnya dimulai pada bulan April. Mereka pun merayakan tahun baru pada tanggal 1 April.

Kemudian, terjadilah perubahan sistem penanggalan yang digunakan. Sistem penanggalan pun diubah menjadi kalender Gregorian yang kita gunakan sampai saat ini, dimana penanggalannya dimulai dari bulan Januari. Perayaan tahun barunya pun bergeser menjadi tanggal 1 Januari.

Namun, ternyata pada saat itu belum semua orang mengetahui perubahan penanggalan tersebut. Orang-orang yang terlambat mengetahui perubahan itu tetap merayakan tahun baru pada tanggal 1 April.

Imbasnya, orang-orang yang belum mengetahui perubahan penanggalan tersebut menjadi bahan keisengan dan lelucon oleh orang-orang lainnya. Inilah yang menjadi awal mula munculnya tradisi menjahili orang di tanggal 1 April, atau yang biasa kita kenal sebagai April Mop.

Tidak hanya hal-hal lucu saja yang terjadi pada 1 April, banyak pula peristiwa menyedihkan yang terjadi. Peristiwa menyedihkan tersebut diantaranya : Pada tanggal 1 April 1984, penyanyi Marvin Gaye ditembak dan dibunuh oleh ayahnya.

Selain itu ada juga gempa bumi disertai tsunami yang terjadi pada 1 April 1946, membunuh 165 orang di Hawaii dan Alaska mengakibatkan dibuatnya sistem peringatan tsunami. Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan “Tsunami April Mop”, karena banyaknya orang yang mati karena tidak percaya berita akan kedatangan tsunami tersebut.

Dengan adanya peristiwa menyedihkan tersebut pada tanggal 1 April, kemudian membuat banyak orang tak mau lagi merayakan April Mop.

 

 

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply