Cara Budidaya Bayam Merah MIRA Di Lahan Sempit

Artikel, Makanan 0
Bayam Mira

Contoh Tanaman Bayam Merah/Istimewa

Cikancah-Cyber – Hoby memang bisa menurunkan tingkat stress, apalagi hoby kita yang bisa bermanfaat seperti bertani atau sekedar menanam sayuran meskipun dalam skala kecil-kecilan tapi itu bisa membuat hati kita senang. Pemanfaatan lahan disamping atau pekarangan rumah bisa juga untuk menyalurkan hoby kita terhadap tanaman.

Nah kalau masih bingung apa yang mau ditanam? Bayam Merah yang baik untuk sayuran bisa menjadi pilihan anda selain gampang dalam perawatan juga tidak terlalu sulit mendapatkan bibitnya, apalagi sekarang di dunia online pun sudah banyak dijual kita tinggal klik dan barang dikirim ke tempat kita.

Jenis Bayam merah MIRA tidak perlu melewati masa persemaian , Bayam bisa langsung di tanam dengan cara di tebar dengan sistem jarak tanam maupun sistem baris/larik. Jenis bayam merah ini memang banya digemari karena mudah dalam perawatan dan tidak banyak penyakit sehingga banyak digemari para penghoby tanaman.

Bagi yang mau mencoba menanam bayam merah MIRA berikut panduannya bagi anda :

Penanaman :

  • Untuk Media tanam gunakan campuran tanah : pupuk kandang (1:1) atau tanah : kompos : kokopit(2:1:1).
  • Siapkan tempat tanam seperti pot, polybag, wadah yg memiliki diameter 15-50 cm atau dapat ditaman langsung di bedengan atau box bedeng.
  • Gunakan jarak tanam 8-10 cm atau jarak antar baris 5-10 cm sesuaikan dengan penggunaan tempat tanamnya, atur jarak tanam agar sirkulasi udara lancar.

Pemeliharaan :

  • Penyiraman pada tanaman yang ditanam pada pot, polybag atau wadah lainnya memerlukan waktu yang intensif terhadap kelembapan media, lakukan penyiraman pada media tanam dan hindari penyiraman pada bagian tanaman. Lihat dan perhatikan kondisi tanaman atau media tanamnya terlalu berlebihan air juga tidak baik bisa mengakibatkan busuk akar.
  • Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik atau anorganik sesuai dengan tujuan dan kebutuhan, sebagai catatan gunakan pupuk yang mengandung Nitrogen (N) dominan pada fase vegetatif dan bila perlu tambahan Phospor (P) dan Kalium (K) pada fase lanjutan sampai siap panen. Lakukan pemupukan 5-7 hari sekali atau gunakan dosis anjuran.
  • Proteksi terhadap serangan Hama dan Penyakit dilakukan sesuai tingkat serangannya, dapat dilakukan secara manual, kimia, biologi atau kombinasi. Jangan abaikan kebersihah area tanam termasuk gulma, jarak tanam, sirkulasi udara dan paparan sinar matahari.

 

Baca Juga:   Kroasia vs Prancis, Gaya Hidup mana yang Lebih Sehat?

Masa Panen :

  • Bayam MIRA dapat dipanen 21-25 HST.
  • Panen Bayam MIRA dengan cara dicabut seluruh tanaman sampai akarnya.
  • Buang/potong akar dan daun tua serta rapikan batang tanamannya.
  • Cuci dengan air bersih lalu kemas dan simpan dalam lemari pendingin atau bisa langsung dikonsumsi.

Nah mudah bukan,selain bisa menyalurkan hoby anda dalam bercocok tanam sayuran bayam juga sangat bermanfaat bagi kebutuhan gizi keluarga anda. Selain mudah sayuran jenis ini juga tidak memerlukan lahan yang terlalu luas kalau skalanya untuk memenuhi kebutuhan keluarga bisa memanfaatkan polybag atau lahan pekarangan rumah anda. Selamat mencoba…

 

 

 

 

 

 

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply