Cara Cek Kenaikan Pangkat PNS di BKN

Artikel 0
Mengecek Profil Data PNS dengan cara online

Mengecek Profil Data PNS dengan cara online (Foto: BKN)

Cikancah-Cyber – Bagi para guru yang sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), ada baiknya agar Mengecek Profil Data PNS dengan cara online. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa data profil yang ada sudah benar semua, sesuai dengan dokumen resmi.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah sejak lama menyediakan fitur dalam laman websitenya bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mengecek datanya secara online yang ada dalam database BKN.

Ketika mengecek data profil PNS, maka akan bisa melihat data diri secara lengkap. Melalui website https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/ dapat mengetahui proses kenaikan pangkat secara online sampai dengan proses pensiun.

Apabila terdapat data yang tercantum di e-monRI tidak sesuai dengan dokumen resmi yang ada, maka segera saja menghubungi pihak BKD atau BKPSDM setempat. Atau kepada Biro Kepegawaian yang berada di Instansi anda masing-masing dengan menyertakan dokumen resmi asli/otentik.

BKN menerapkan sistem kenaikan pangkat secara otomatis tanpa harus melalui mekanisme pengusulan terlebih dahulu. Kebijakan ini berlaku untuk para PNS baik struktural maupun fungsional.

Namun, mesti demikian ada beberapa prosedur yang harus dilakukan sebelum kenaikan pangkat secara otomatis. PNS tetap harus mengumpulkan terlebih dahulu angka kredit untuk naik pangkat.

Aturan ini diberlakukan untuk mewujudkan reformasi birokrasi dalam bidang kepegawaian. Para pegawai tidak perlu sibuk lagi kenaikan pangkat, karena BKN setiap empat tahun mengumpulkan daftar nama pegawai yang dianggap layak naik pangkat ke BKD atau Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) .

Berikut ini cara mengecek Kenaikan Pangkat  PNS Terbaru pada laman baru BKN :

  1. Kunjungi laman baru BKN :https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/
  2. Maka akan muncul seperti ini3. Masukkan NIP baru anda, kemudian ketik kode captcha lalu klik OK
  3. 4. Kalau berhasil maka akan muncul tampilan seperti berikut

 

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply