Gladian Pimpinan Regu Dapat Melatih Disiplin, Kebersamaan, dan Tanggung Jawab

Artikel, Pendidikan 0
Pimpinan Regu Pramuka Penggalang

Pimpinan Regu Pramuka Penggalang (Foto: Dok.Cikancah-Cyber)

Cikancah-Cyber – Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah. Karena dengan Pendidikan Kepramukaan dapat menumbuhkan sifat kemandirian dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Melalui pendidikan kepramukaan ini dapat dilakukan pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila, pendidikan pendahuluan bela negara, kepribadian dan budi pekerti luhur, berorientasi, pendidikan kewiraswastaan, kesegaran jasmani dan daya kreasi, persepsi, apresiasi dan kreasi seni.

Gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah yang  merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak dilaksanakan dengan penuh kegembiraan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah.

Sebagai satu-satunya kegiataan kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada sikap yang baik.

Sikap yang baik dalam arti anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.

Salah satu cara untuk membentuk sikap yang baik seperti dijabarkan di atas, maka dalam kepramukaan selalu dilakukan dan diadakan kegiatan Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru) bagi penggalang, baik di pangkalan, Kwarran, maupun di tingkat Kwarcab.

Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru) itu sendiri merupakan kegiatan pendidikan dalam bentuk latihan bersama bagi para pemimpin dan wakil pemimpin regu sebagai upaya pembinaan peserta didik agar dapat menjadi motor penggerak.

Dianpinru adalah singkatan dari Gladian Pimpinan Regu. Dianpinru merupakan forum pelatihan dan pengembangan pengetahuan, sikap serta keterampilan kepemimpinan para pemimpin regu Pramuka Pengalang.

Dianpinru menurut Keputusan Kwarnas Nomor 029/KN/77 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gladian Pimpinan Regu Penggalang adalah :

  1. Dianpinru adalah salah satu usaha pelaksanaan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan, khususnya penggunaan sistem beregu dalam pasukan penggalang.
  2. Dianpinru adalah sarana pemberian geladian atau latihan bagi pemimpin regu dan wakil pemimpin regu penggalang untuk :

1) Mengembangkan kepemimpinan

2) Meningkatkan kecakapan, ketrampilan dan kemampuan dalam tehnik kepramukaan

3) Menanamkan kesadaran akan tugas dan kewajiban sebagai pemimpin regu atau wakil pemimpin regu yang semuanya itu diperlukan sebagai bekal untuk mengelolah dan memimpin regunya dan membina kerjasama yang baik dalam pasukannya.

Kegiatan Dianpinru ini memiliki maksud dan tujuan yakni untuk menambah ketrampilan dan pengetahuan tentang administrasi, tekpram, pemantapan materi, mempersiapkan Dewan Penggalang yang berkualitas untuk masa bakti berikutnya, serta diakhiri musyawarah Dewan Penggalang yaitu penyampaian laporan pertanggungjawaban, pemilihan pengurus dan pembentukan program kerja 1 tahun mendatang.

Biasanya Kegiatan Dianpinru ini dilaksanakan dengan beberapa metode diantaranya pemaparan, diskusi, praktek meliputi kegiatan fisik (bergerak) maupun mental (berfikir).

Setelah selesai mengikuti Gladian diharapkan para Pemimpin Regu Penggalang dapat menularkan ilmunya kepada anggota regu unuk terus berkarya dan berprestasi menyongsong esok yang lebih baik.

Berikut PP tentang Gladian Pimpinan Regu Penggalang Klik di di sini.

Baca juga artikel lainnya : Kegiatan Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru) Penggalang Kwarcab Ciamis 2018

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply