Hari Musik Nasional 2018

Entertainment 0
Hari Musik Nasional 2018

Hari Musik Nasional 2018 (Foto: Istimewa)

Cikancah-Cyber – Bulan Maret terasa begitu istimewa bagi Bangsa Indonesia. Pasalnya hari ini Bangsa Indonesia sedang merayakan Hari Musik Nasional. Hari Musik Nasional ditetapkan sejak tahun 2013 yang lalu sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 2013.

Tanggal 9 Maret merupakan perayaan Hari Musik Nasional, yang bertepatan dengan tanggal lahirnya salah seorang Pahlawan Nasional sekaligus pencipta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yaitu Wage Rudolf Soepratman.

Memang perayaan Hari Musik Nasioal baru berjalan lima tahun. Namun, perlu diketahui bahwa sesungguhnya rencana penetapanya sudah ada sejah tahun 2003. Kala itu Hari Musik Nasional sudah digemborkan oleh Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI).

Akhirnya Hari Musik Nasional resmi diumumkan pada masa pemerintahan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Susilo Bambang Yudhoyono sebagai sosok dibalik penetapan tanggal 9 Maret 2013 sebagai Hari Musik tersebut.

Yang menjadi dasar ditetapkannya Hari Musik Nasional berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013 adalah musik sebagai ekspresi budaya universal yang merepresentasikan nilai luhur dan kemanusiaan yang memiliki peran strategis untuk memajukan pembangunan nasional.

Dengan harapan pada setiap peringatan Hari Musik Nasional, masyarakat akan lebih menyukai karya yang dihasilkan oleh musisi Indonesia serta instrumen dan warisan musik khas bangsa.

Walau sempat menuai kontroveksi karena dianggap bertentangan dengan sejarah yang dinilai bertentangan dengan waktu kelahiran Wage Rudolf Supratman. Namun, tanggal 9 Maret nyatanya sudah resmi ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional. Seluruh insan musik Tanah Air pun tetap merayakan hari bersejarah itu dengan berbagai aktivitas yang positif.

Salah satu bentuk kegiatan positif yang dilakukan para insan musik Indonesia ditahun 2018 ini adalah Konferensi Musik Indonesia dan Festival (KAMI) 2018 di Ambon. Dengan tujuan untuk mensejahterakan pelaku industri musik lokal.

Di Hari Musik Nasional tahun 2018 ini Presiden Joko Widodo pun mengatakan di aku Twitternya “Berbeda selera namun tetap harmonis. Untuk itu, di Hari Musik Nasional ini berharap Musik Nasional tetap dijaga keberadaanya.”

“Musik kita jaga keberadaannya. Semoga eksistensi musik nasional lebih diakui keberadaannya secara global. Hidup tanpa musik terasa hambar,” kata Presiden.

Pesiden juga mengunggah sebuah video yang disertakan dalam cuitannya itu. Presiden juga berharap agar dengan diselenggarakannya Konferensi Musik Indonesia yang perdana digelar pada 7-9 Maret 2018 di Ambon, insan musik Indonesia mampu merumuskan dan memperjuangkan musik Indonesia agar terus berkembang dan diakui eksistensinya di ranah global.

Selamat Hari Musik Nasional, semoga insan musik Tanah Air tetap semangat dalam membuat karya apik yang bisa dinikmati seluruh pencinta musik.

Tags:
Rate this article!
Hari Musik Nasional 2018,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply