Informasi Seputar Tunjangan Profesi Guru 2018

Artikel, Berita 0
Tunjangan Profesi Guru 2018

Tunjangan Profesi Guru 2018 (Ilustrasi)

Cikancah-Cyber – Sertifikasi merupakan dana tunjangan yang diberikan oleh pemerintah bagi para guru di Indonesia. Dana yang dimaksud bisa diambil atau dicairkan dalam kurun waktu tertentu.

Tidak semua guru bisa mendapatkan dana tunjangan sertifikasi. Hanya guru yang memenuhi syarat yang akan menerima dana. Proses pencairan sertifikasi juga tidak asal.

Guru yang layak akan menerima SKTP sebagai tanda mendapatkan tunjangan. Sebagai informasi, SKTP merupakan surat keputusan tunjangan profesi yang akan dibutuhkan dan diberikan dalam syarat pencairan dana sertifikasi. SKTP sendiri dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal melalui sumber data GTK (Tenaga Kependidikan) dan Ditjen Guru.

Keduanya diperoleh dari sistem Dapodik atau Data Pokok Pendidikan yang telah terbukti valid. Jika sudah terbukti valid, maka pencairan bisa dilakukan, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Namun, jika belum valid mesti ada perbaikan dalam Data Pokok Pendidikan yang harus dilakukan oleh operator sekolah. Tugas berat dan tanggung jawab yang harus dikerjakan operator dengan berbagai resiko.

Jika ada salah satu saja yang belum valid, maka yang pertama kali disalahkan adalah operator. Bahkan, dalam Undang-undang ITE  yang isinya adalah  bila data yang diinput oleh Operator Sekolah tidak sesuai dengan keadaan maka operator sekolah bisa dipidanakan.

Informasi terbaru mengenai Tunjangan Profesi Guru 2018  adalah sebagai berikut :

  1. Bahwa PTK diharapkan untuk memastikan (mengecek) data pribadi mereka di Profil Guru di Dapodik  terutama untuk gaji pokok.
  2. Apabila terjadi kesalahan  data di dapodik agar segera diperbaiki sebelum tanggal 20 April 2018.
  3. Bagi guru sertifikasi 2017 yang belum terbayarkan atau status kurang bayar, dari pertengahan bulan Februari sudah mulai dibayarkan, sampai hari ini tersisa 30% yang sedalang dalam proses pembayaran, untuk itu guru sertifikasi dimohonkan untuk bersabar.
  4. Untuk guru yang sudah bersertifikasi mata pelajaran PLH, saat ini sedang dilakukan proses penyesuaian spektrum. Jika sesuai akan masuk spektrum namun jika tidak sesuai maka akan dikembalikan ke mata pelajaran induknya, sehingga belum bisa dibayarkan, dan hal inipun diharapkan untuk bersabar.
  5. Sangat dimohonkan untuk memperhatikan absen online (DHGTK online), karena DHGTK akan dijadikan dasar pembayaran tunjangan profesi guru. Untuk itu, agar segera mengecek dan memastikan absen online tersebut sebelum tanggal 30 Maret 2018, yakni absen terisi dari 1 Januari 2018- 31 Maret 2018.
  6. Bagi Guru yang merangkap Operator Sekolah atau sebaliknya Operator Sekolah yang merangkap menjadi Guru, terutama guru sertifikasi. Diharapkan untuk mengisi data dapodik sesuai dengan keadaan dan kenyataan, jangan sampai mengada-ada. Karena saat ini dapodik sudah masuk ke prosedur UU ITE, sehingga dapat dipidanakan karena dianggap suatu bentuk hal yang merugikan negara.
  7. Kementerian Pendidikan telah resmi mengeluarkan aplikasi info GTK yang berbasis android dan bisa di download di Play store. Ingat aplikasi ini baru resmi, sehingga bagi yang telah duluan mendownload, agar segera diperbarui.
Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply