Inilah Beberapa Nama yang Disebut Setya Novanto Terima Uang E-KTP

Berita, Nasional, Politik 0
Nama-nama yang disebu Setya Novanto sebagai penerima aliran dana e-KTP

Nama-nama yang disebut Setya Novanto sebagai penerima aliran dana e-KTP (Foto:dakwahmedia.co)

Cikancah-Cyber – Sidang lanjutan korupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP) kembali digelar, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (22/3/2018). Agenda sidang adalah pemeriksaan Setya Novanto sebagai terdakwa.

Dalam persidangan Setya Novanto menyebut ada uang hasil korupsi yang mengalir kepada dua politisi PDI Perjuangan, yakni Puan Maharani dan Pramono Anung. Keduanya masing-masing mendapatkan 500.000 dollar Amerika Serikat.

Setya Novanto menjelaskan bahwa ia mendapat informasi itu dari pengusaha Made Oka Masagung yang ketika itu menemuinya di rumahnya bersama Andi Narogong.

Menurut Novanto, Made Oka mengatakan kepadanya telah menyerahkan uang kepada sejumlah anggota DPR diantarnya Puan Maharani dan Pramono Anung.

Selain itu Setya Novanto menyebut nama politisi lain seperi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang kala itu merupakan anggota komisi II DPR, Mantan Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap, Mirwan Amir, Djafar Hafsah, mantan pimpinan Badan Anggaran DPR Mechias Mekeng, Tamsil Lindrung dan Olly Dondokambey.

Atas pernyataan Novanto, Pramono Anung membantah mentah-mentah tudingan itu, dan mengatakan ia bahkan tak pernah ada kaitan apa pun dengan kasus KTP elektronik.

“Ini semuanya yang menyangkut orang lain dia bilang. Tapi untuk yang menyangkut dirinya sendiri, dia selalu bilang tidak ingat,” kata Pramono Anung seperti dlansir BBC.

Sementara itu Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menyebut Setya Novanto sekadar ingin mendapat status Justice Collaborator (JC) agar mendapat keringanan hukuman. Jika ingin dikabulkan, Novanto harus kooperatif membongkar kasus tersebut.

“Apa yang disampaikan Pak Setya Novanto hari ini pun, kami yakini sebagai bagian dari upaya mendapatkan status tersebut demi meringankan dakwaan,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply