Longsor di Puncak Pas, Kendaraan Roda Empat Dilarang Melintas

Berita, Nasional 0
Kawasan Puncak Pas Longsor

Kawasan Puncak Pas Longsor (Foto: Screenshot YouTube)

Cikancah-Cyber – Bencana longsor terjadi di kawasan Puncak Pas, Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur, Rabu (28/3/2018) malam. Akibatnya, tiga bangunan dilaporkan roboh.

Menurut informasi dari Kapolres Cianjur AKBP Soliyah, longsor terjadi pada Rabu malam sekitar pukul 20.45 WIB. Longsor diduga dipicu adanya amblasan pada bronjong yang terpasang di lokasi pascaperistiwa longsor di wilayah tersebut beberapa waktu lalu. Bronjong tersebut amblas sedalam 40 meter dengan panjang kurang lebih 150 meter.

Dari hasil pengecekan petugas kepolisian dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) menyebutkan, ada tiga bangunan RM Puncak Pass yang ikut rusak pada bagian kamar dan dapur. Sesaat setelah longsor, petugas melakukan sejumlah langkah penanganan di lokasi kejadian.

Selain itu hunian milik TNI AD di Kampung Puncak, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat rusak akibat pergerakan tanah yang terjadi di wilayah tersebut. Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Aparat keamanan kemudian melakukan penutupan akses untuk kendaraan roda empat di Pos Jabar 9 dan untuk sepeda motor masih bisa dilalui. Upaya penutupan jalan satu lajur untuk mengurangi getaran jalan.

Selain itu melakukan koordinasi dengan Polres Bogor untuk melakukan penutupan arus untuk roda empat di Gunung Mas wilayah Bogor. Arus kendaraan untuk sementara dialihkan ke jalur Sukabumi atau Jonggol.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply