Mengenal Rifdah Farnidah, Hafizah Indonesia yang Jadi Anak Angkat Ulama Mekkah

Berita, Nasional 0
Rifdah Farnidah Hafizah Indonesia

Rifdah Farnidah Hafizah Indonesia (Foto: layarlagu)

Cikancah-Cyber – Perempuan asal Sumedang, Jawa Barat ini telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Dia adalah Rifdah Farnidah. Rifdah baru meraih juara dua Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) internasional yang digelar di Amman, Yordania, 19 Maret hingga 24 Maret 2018.

Dalam kompetisi tersebut, perempuan 22 tahun ini bersaing dengan 29 peserta dari 28 negara. Peserta lainnya berasal dari negara-negara Asia, Afrika, sampai Eropa.

Rifdah pernah memenangkan MHQ tingkat nasional sebanyak tiga kali. Rifdah sudah juara 1 MTQ tingkat Nasional JQHNU golongan 5 juz di Kalimantan Barat tahun 2012, juara 1 MTQ Nasional golongan 10 juz di Nusa Tenggara Barat tahun 2016. Rifdah juga pernah juara 1 MTQ Nasional golongan 30 juz di Kalimantan Barat pada tahun 2017, sebagai perwakilan Jakarta.

Rifdah Farnidah adalah seorang hafidzah yang mutqin, artinya dia bisa melafalkan ayat-ayat Alquran yang manapun dengan lancar tanpa harus membuka mushaf.

Atas prestasinya yang membanggakan itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengundang Rifdah untuk hadir dalam acara silaturahmi ulama di Balai Kota (29/3/2018).

Rifdah hadir dengan didampingi ibu dan pembimbingnya, Hj. Mutmainnah. Hj. Mutmainnah adalah dosen di Institut Ilmu Al Quran. Acara silaturahmi itu, turut hadir pula Sheikh Khalid Al-Hamoudi, seorang ulama Makkah.

Dalam acara silaturahmi, RIfdah diminta untuk maju membacakan surat Al-Hasyr ayat 18-24. Lantunan ayat-ayat yang merdu dari bibirnya membuat para hadirin takzim.

Begitu pula, Sheikh Khalid Al-Hamoudi terkagum-kagum dan memberikan apresiasi sangat spesial bagi Rifdah. Syeikh Khalid akan memfasilitasi Rifdah bersama kedua orangtuanya, juga dosen pembimbing Rifdah beserta suaminya, untuk diberangkatkan ibadah haji. Tidak hanya sampai di situ Sheikh Khalid Al-Hamoudi juga menyatakan Rifdah sebagai anak angkatnya.

Mengenai prestasi Rifdah yang membanggakan, Hj. Mutmainnah berharap agar anak didiknya itu terus mengembangkan diri untuk mencapai ilmu yang lebih tinggi.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply