Misteri di Balik Surat Perintah Sebelas Maret

Berita, Nasional, Politik 0
Tokoh Supersemar

Tokoh Supersemar (Foto:Istimewa)

Cikancah-Cyber – Hari ini, 11 Maret merupakan hari yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Dimana pada tanggal ini ada satu momen penting yakni ditandatanganinya Supersemar. Sampai saat ini sudah 52 tahun lamanya peristiwa Supersemar.

Supersemar merupakan singkatan Surat Perintah Sebelas Maret atau Surat Perintah 11 Maret. Supersemar ditanda-tangani oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno pada tanggal 11 Maret 1966 untuk Letjen Soeharto.

Surat ini (Supersemar) berisi perintah yang menginstruksikan Soeharto, selaku Panglima Komando Operasi Keamanan dan Ketertiban (Pangkopkamtib) untuk mengambil segala tindakan yang dianggap perlu untuk mengatasi situasi keamanan yang buruk pada masa itu.

Sebagaimana kita ketahui Supersemar menjadi salah satu tahapan masa transisi negara Indonesia. Surat “sakti” ini mampu mengubah rezim Orde Lama pimpinan Ir Soekarno menjadi Orde Baru yang dipimpin Soeharto.

Supersemar ditanda-tangani dan muncul setahun setelah peristiwa berdarah Gerakan 30 September 1965. Saat itu Partai Komunis Indonesia (PKI) dianggap berada di belakang pembunuhan sejumlah jenderal TNI Angkatan Darat.

Dalam surat tersebut menyatakan bahwa Soeharto diberi hak kekuasaan mengambil tindakan pengamanan, ketertiban, serta kestabilan pemerintah. Maka secara otomatis pada 12 Maret 1967, Soeharto menjadi penjabat presiden dan di 27 Maret 1968 resmi sebagai presiden kedua RI.

Adanya Supersemar itu banyak menimbulkan kontroversi dan spekulasi. Sebagian kalangan sejarawan Indonesia mengatakan bahwa terdapat berbagai versi Supersemar, sehingga masih ditelusuri naskah supersemar yang dikeluarkan oleh Presiden Soekarno di Istana Bogor.

Pengungkapan tentang keaslian Supersemar masih belum menemukan titik terang. Sehingga, berbagai spekulasi muncul, mulai bentuk aslinya yang seperti apa, keberadaannya di mana, hingga apa tujuan surat itu dibuat.

Beberapa Kontroversi tentang Supersemar yang diliris dari wikipedia : Baca selengkapnya di sini.

Supersemar Versi Pusat Sejarah Dan Tradisi TNI

Supersemar Versi Pusat Sejarah Dan Tradisi TNI

Supersemar Versi Presiden

Supersemar Versi Presiden

Supersemar Versi Lain

Supersemar Versi Lain

Supersemar Versi AD

Supersemar Versi AD

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply