Pelempar Rokok Menyala ke Orangutan di Kebun Binatang Bandung Menyerahkan Diri dan Minta Maaf

Berita, Kriminal, Nasional 0
Pelempar Rokok Menyala ke Orangutan Menyerahkan Diri

Pelempar Rokok Menyala ke Orangutan Menyerahkan Diri (Foto: Screenshot YouTube)

Cikancah-Cyber – Pelaku pelemparan rokok menyala ke kandang orang utan (Ozon) di Kebun Binatang Bandung (KBB) sudah terungkap, dan akhirnya menyerahkan diri ke polisi. Pelaku bernama Deni Junaedi (27).

Deni menyerahkan diri ke polisi pada Kamis (8/3) kemarin usai beritanya viral di media sosial (medsos). Deni mengaku iseng dan  tidak menyangka perbuatannya melanggar hukum.

Saat diperiksa Deni yang sehari-hati menjual Batagor itu mengatakan, peristiwa itu bermula pada hari Minggu (4/3) saat dirinya berwisata bersama anak istri.

Rokok yang dia isap dilempar ke kandang orangutan. Hewan itu pun memungut rokok dan mengisapnya beberapa kali. Deni mengatakan, hal itu dilakukan karena sebelumnya melihat orangutan tersebut merokok.

Video itu pertama kali diunggah oleh seseorang yang merekamnya melalui laman facebook pribadinya. Dari keterangannya video berdurasi lima puluh sembilan detik itu terjadi di Kebun Binatang Bandung.

Awalnya, dalam video memperlihatkan suasana pengunjung yang tengah melihat tingkah laku orang utan. Tiba-tiba seorang pengunjung melemparkan rokok yang tengah diisap ke dalam kandang orang utan. Kemudian orang utan itu mengambil rokok tersebut dan mengisapnya layaknya manusia.

Atas pebuatannya Deni terancam hukuman pidana selama tiga bulan karena dianggap telah melanggar Pasal 302 KUHP tentang penganiyaan terhadap satwa. Namun sayang, meski proses hukum berlanjut, Deni tidak ditahan.

Pasca kejadian tersebut pihak Kebun Binatang Bandung melakukan pembenahan. Kandang terbuka orang utan Kalimantan jantan bernama Ozon itu, ditambah papan peringatannya.

Selain itu pengelola juga akan menambah kamera pengawas di beberapa kandang, dan merutinkan para petugas patroli untuk berkeliling memeriksa setiap kandang.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply