Pengguna Smartphone Kini Bisa Mengetik Lewat Suara

Gadget, Teknologi 0
Pengguna smartphone bisa mengetik lewat suara

Pengguna smartphone bisa mengetik lewat suara (Foto: Twitter @chirpstory_ed)

Cikancah-Cyber – Teknologi dalam smartphone semakin berkembang dan maju. Banyak fitur dan aplikasi smartphone yang lebih canggih daripada fitur yang ada dalam kamera yang bisa dimanfaatkan dalam aktivitas sehari-hari.

Salah satunya yang canggih adalah bisa dengan mudah dalam mengetik. Sekarang sudah bisa mengetik hanya dengan menggunakan suara saja, tanpa harus cape-cape menggunakan keyboard virtual.

Namun sungguh disayangkan, fitur ini hanya baru bisa digunakan di aplikasi Google Docs. Fitur ini belum bisa digunakan di aplikasi pesan singkat seperti di Line, BBM, dan WhatsApp.

Penasaran? Lantas bagaimana cara menggunakannya? Berikut merupakan cara mengetik dengan menggunakan suara di smartphone, yang kami kutip dari akun Twitter @chirpstory_ed.

Pertama : Pastikan fitur voice input di keyboard smartphone telah aktif. Kalau di keyboard ada simbol mic-nya, berarti fitur tersebut telah aktif.

Kedua : Kemudian selanjutnya harus set bahasa di voice input itu dengan Bahasa Indonesia.

Ketiga : Fitur ini juga bisa mengenali beberapa perintah baca seperti titik, koma, tanda tanya, tanda seru dan lain-lain.

Kempat : Jangan lupa, mengucapkan kata-kata dengan jelas dan dengan tempo yang tidak terlalu cepat. Jangan disamakan dengan saat berbicara biasanya.

Memang dalam menggunakan fitur ini tidak bisa langsung sempurna, apabila akan menggunakan atau mengetik dengan suara ini harus tetap memperhatikan kesalahan-kesalahan. Pasalnya, pasti ada sedikit kesalahan yang dilakukan oleh aplikasi ini. Perlu adanya penyempurnaan.

Bagaimana, penasaran? Selamat mencoba! Berikut Videonya :

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply