Perkiraan Jadwal Tahapan Rekrutmen dan Tes CPNS 2018

Berita, Nasional 0
Perkiraan Rekrutmen CPNS 2018

Perkiraan Rekrutmen CPNS 2018 (Ilustrasi)

Cikancah-Cyber – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Saat ini MenPAN-RB  sedang menghitung kebutuhan PNS secara riil dan masih menggodok tahapan rekrutmen CPNS 2018.

Formasi CPNS 2018, menurut Menteri PAN-RB Asman Abnur, diperkirakan akan ditetapkan Mei nanti. Sedangkan pelaksanaan seleksi, usai pemilihan kepala daerah (pilkada) Juni mendatang.

“Insya Allah kita putuskan bulan Mei (formasi), nanti pelaksanaan tesnya setelah pilkada,” ujar Asman Abnur.

Sedangkan menurut perhitungan Badan Kepegawaian Negara, tes akan dilangsungkan 10 hari hingga 20 hari atau seminggu lebih hingga tiga minggu setelah hari pencoblosan yang jatuh pada 27 Juni 2018. Kemungkinan antara tanggal 7 Juli 2018 hingga 17 Juli 2018.

Hasil seleksi nantinya bisa diumumkan menjelang akhir tahun. Kemudian agenda akan dilanjutkan pembekalan kepada CPNS terpilih oleh presiden.

Kementerian PAN-RB pun menargetkan jumlah pendaftar yang diterima 60-70 persen dari total 220 ribu orang pegawai yang akan pensiun tahun ini. Hal ini sesuai dengan sistem minus growth yang diterapkan pemerintah.

Sampai saat ini, menurut Menteri PAN-RB Asman Abnur, masih ada lembaga atau kementerian yang belum mengajukan formasi CPNS. Hal ini tentu penyebab sampai detik ini belum ada kepastian kuota CPNS 2018.

Namun, Asman menargetkan akhir April ini, seluruh kementerian dan lembaga telah menyetorkan pengajuan formasi CPNS. Hal ini juga dimaksudkan agar tidak terjadi usulan-usulan tambahan ke depannya.

“Belum ada (total kuota CPNS), analisis terakhirnya belum kami buat. Masih ada (yang belum mengajukan usulan formasi). Tapi target kita akhir bulan ini, semua sudah menyampaikan usulan. Jadi tidak ada lagi usulan-usulan tambahan,” jelasnya.

Bagi para pelamar ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai pendaftaran CPNS, terutama berkas-berkas yang harus dipersiapkan telebih dahulu saat pendaftaran dibuka. Berkas untuk pelamar tamatan SMA sederajat dengan sarjana ada perbedaan.

Berikut rincian berkas yang harus disiapkan:

Untuk tenaga profesional persyaratan atau dokumen yang harus dipersiapkan sebagai berikut : Fotokopi KTP, Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir, Surat keterangan akreditasi dari BAN PT, Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.

Sedangkan dokumen tambahan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain : Materai Rp 6.000, Fotokopi KTP,Fotokopi ijazah/STTB, Fotokopi ijazah SD, Fotokopi ijazah SLTP, Fotokopi ijazah SLTA.

Baca juga artikel lainnya : Mendikbud Minta Menteri PAN-RB Buka Lowongan 100 Ribu CPNS Guru

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply