Pertamina Kembali Naikkan Harga Pertalite Rp 200/Liter

Berita, Nasional 0
Pertamina Menaikkan harga Pertalite

Pertamina Menaikkan harga Pertalite (Foto:pertamina.com)

Cikancah-Cyber – PT. Pertamina (Persero) mulai hari ini, Sabtu, 24 Maret 2018 kembali mengatrol harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi jenis Pertalite sebesar Rp200 per liter.

Kenaikkan harga BBM disebabkan oleh faktor harga minyak dunia dan nilai rupiah. Harga Pertalite saat ini dijual dikisaran  Rp7.800 hingga Rp8.150 per liter di seluruh Tanah Air. Harga jual ini sudah termasuk pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen.

Pertamina sebelumnya pada Januari 2018 telah menaikkan harga Pertalite sebesar Rp100 per liter. Dengan demikian harga Pertalite sejak awal tahun telah mencapai Rp300 per liter.

Menurut External Communication Manager Pertamina Arya Paramita, langkah ini diambil dikarenakan saat ini harga minyak dunia terus merangkak tinggi dan rupiah juga terus mengalami pelemahan. Saat ini harga minyak mentah sudah hampir menyentuh angka USD65 per barel. Sebagai bahan pembanding, tahun lalu, rata-rata harga minyak dunia masih di bawah US$60 per barel.

“Kedua faktor penentu kenaikan harga BBM mengharuskan perubahan harga. Saat ini harga minyak mentah sudah hampir menyentuh angka USD65 per barel, ditambah nilai rupiah juga menunjukkan kecenderungan melemah,” ungkapnya.

Pertamina telah melakukan evaluasi harga BBM secara berkala. Hal itu sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014, pertalite termasuk kategori Bahan Bakar Umum (BBU) yang bisa disesuaikan harganya oleh perseroan tanpa adanya persetujuan pemerintah.

Dilansir dari laman situs resmi Pertamina menyebutkan, beberapa kenaikan harga Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex di beberapa daerah.

Untuk daerah Jakarta dan Banten Pertalite naik dari Rp. 7.600 jadi Rp. 7.800 sedangkan Sumatera Barat juga mengalami kenaikan harga yang sama. Sedangkan, harga pertalite di Daerah Istimewa Aceh naik dari Rp7.800 per liter menjadi Rp8.000 per liter. Di DKI Jakarta, harga pertalite ditetapkan sebesar Rp7.800 per liter dari sebelumnya Rp7.600 per liter. Di Papua, pertalite kini dibanderol Rp8.000 per liter dari Rp7.800 per liter.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply