Setya Novanto Jalani Sidang Tuntutan Kasus Korupsi e-KTP Hari Ini

Berita, Nasional 0
Sidang Tuntutan Novanto

Sidang Tuntutan Novanto (Foto: Dok.CC)

Cikancah-Cyber – Setya Novanto terdakwa kasus korupsi e-KTP, akan menjalani sidang tuntutan hari ini, Kamis (29/3/2018) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Dalam agenda sidang pembacaan tuntutan dan keputusan soal Justice Collaborator (JC) terhadap mantan Ketua DPR RI itu.

Menurut rencana sidang tuntutan Setya Novanto dijadwalkan mulai pukul 09.00. Jika Justice Collaborator  (JC) Setya dikabulkan, maka tuntutan akan dipertimbangkan. Namun, jika JC ditolak, maka tuntutan maksimal akan diajukan.

Perlu diketahui justice collaborator adalah orang yang bekerja sama dengan penegak hukum dalam membongkar kejahatan di mana ia merupakan bagian dari kejahatan itu sendiri.

Mantan Ketua Umum Golkar itu akan dituntut Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait perkara dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP‎ yang merugikan negara hingga Rp2,3 triliun.

Dalam sidang sebelumnya, Setya Novanto menyebutkan sejumlah nama yang menurut dia menerima aliran duit korupsi e-KTP.

Dalam kasus ini negara dirugikan Rp 2,3 triliun, yang menyeret sejumlah pejabat dan politikus. Pada 22 Maret, Setya menyebut nama Puan Maharani dan  Pramono Anung. Selain itu, Setya juga menyebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima aliran dana korupsi e-KTP.

Selain itu, Setya Novanto juga mengungkapkan ada aliran dana ke pimpinan Badan Anggaran (Banggar) DPR yakni Melchias Marcus Mekeng, Tamsil Linrung, dan Olly Dondokambey. Setya juga mengatakan dana e-KTP mengalir dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar di Bali pada 2016.

Atas perbuatannya, Setnov didakwa melanggar Pasal 2 Ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor Juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply