Cuti Bersama Libur Hari Raya Idul Fitri 2018 Ditambah 3 Hari

Berita, Nasional 0
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menyaksikan penandatanganan SKB tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menyaksikan penandatanganan SKB tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018 (Foto: menpan.go.id)

Cikancah-Cyber – Pemerintah menambah tiga hari cuti bersama libur Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah yang jatuh pada 14 dan 15 Juni 2018 melalui perubahan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018. Keputusan tersebut ditandatangani di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) siang tadi.

Penambahan cuti bersama tersebut telah dituangkan dalam SKB tiga menteri bernomor 223/2018, nomor 46/2018, dan nomor 13/2018 dan telah ditandatangani oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, disaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Pada mulanya dalam SKB Tiga Menteri yang ditetapkan tanggal 22 September 2017 lalu, tanggal cuti bersama hari libur Hari Raya Idul Fitri adalah pada 13, 14, 18 dan 19 Juni 2018. Sedangkan tanggal 15-16 Juni 2018 adalah hari libur nasional. Dengan penambahan tiga hari cuti bersama itu, libur hari raya menjadi 11 hari bila memperhitungkan hari Ahad, tanggal 10 Juni 2018.

Menteri Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menjelaskan, pemerintah menambah Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018 selama tiga hari, yakni pada 11, 12 dan 20 Juni.

Alasan ditambahnya cuti bersama libur Hari Raya Idul Fitri menurut Menteri Puan, agar libur Lebaran ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dalam melakukan silahturahmi. Selain itu Puan menambahkan, salah satu pertimbangan penambahan cuti bersama itu terkait dengan pengaturan arus lalu lintas.

“Salah satu pertimbangan ditambah cuti bersama adalah untuk mengurai arus lalu lintas sebelum Lebaran dan sesudah mudik Lebaran. Selain itu, diharapkan cukup waktunya masyarakat untuk bersilahturahmi sebelum dan sesudah Idul Fitri,” ujar Puan di Kementerian Koordinator PMK.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Rini Widyantini menjelaskan SKB ini berlaku untuk TNI, POLRI, pegawai swasta, dan BUMN. Sedangkan cuti bersama bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan diatur lebih lanjut dengan Keputusan Presiden.

Salinan SKB tentang Cuti Bersama Lebaran 2018

Salinan SKB tentang Cuti Bersama Lebaran 2018

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply